Tips Knowledge

Jangan Asal Pasang Box, Cermati Hal-Hal Berikut

Ekawan Raharja    •    Jumat, 22 Feb 2019 12:11 WIB
tips motorsafety ridingtips knowledge
Jangan Asal Pasang Box, Cermati Hal-Hal Berikut
Tentu box tambahan ini difungsikan beraneka ragam, mulai dari menyimpan jas hujan, helm, hingga barang bawaan lainnya. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Sepeda motor merupakan mode transportasi yang menjadi andalan bagi banyak masyarakat Indonesia. Tidak sedikit juga yang menambahkan box bagasi tambahan di sepeda motor untuk memberikan ruang penyimpanan lebih di kuda besi kesayangan.

Tentu box tambahan ini difungsikan beraneka ragam, mulai dari menyimpan jas hujan, helm, hingga barang bawaan lainnya. Kemudian dari bentuknya juga beraneka, mulai dari top box hingga side box.

Sebelum membeli box untuk sepeda motor, perlu diperhatikan berbagai hal. Jangan sembarangan membeli karena akan berpengaruh selama perjalanan.

1. Memilih sesuai ukuran dan kapasitasnya
pertama tentu Anda harus mengetahui kapasitas dan ukuran box yang dibutuhkan. Sebagai antisipasi keperluan maupun kebutuhan, bisa memilih box dengan kapasitas dan ukuran yang cukup besar. Kendati demikian sesuaikan box pilihan dengan kebutuhan.

2. Sesuaikan pilihan box dengan kapasitas mesin
Jangan memilih box sepeda motor dengan kapasitas dan ukuran yang terlalu besar karena dapat menurunkan kecepatan sepeda motor akibat kapasitas angkut sepeda motor yang berat. Setiap sepeda motor memiliki kapasitas masing-masing yang disesuaikan dengan mesinnya.

Jika sepeda motor berkapasitas mesin 125 cc, maka box dengan kapasitas maksimal 30 liter yang cocok. Untuk mesin 250-400 cc, box dengan kapasitas 35 liter. Sedangkan untuk mesin dengan kapasitas lebih 400 cc, box dengan kapasitas maksimal 50 liter adalah pilihannya.



3. Pilih box dengan standart Keamanan tinggi

Hal ini tentu jangan sampai terlewatkan. Ketika memilih box untuk sepeda motor kesayangan haruslah dengan sistem keamanan yang cukup memadai. Pilih box sepeda motor yang memiliki sistem penguncian baik yang hanya bisa lepas dari plate menggunakan kunci.

Nah ketika sudah memasang box sepeda motor, perhatikan juga teknik mengendarai sepeda motor. Mengingat kini struktur sepeda motor berubah karena ada tambahan box di belakang.

Efeknya adalah titik bobot sepeda motor juga beralih ke belakang. Sehingga keseimbangan sepeda motor juga berubah, yang akan berpenaruh kepada cara berkendara.

Jadi pikirkan matang-matang ketika membeli box tambahan, dan pastikan sudah siap dengan segala resikonya.


(UDA)