TIps Knowledge

Jangan Biarkan Kabin jadi Sarang Jamur dan Bakteri

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 22 Oct 2017 11:20 WIB
tips knowledge
Jangan Biarkan Kabin jadi Sarang Jamur dan Bakteri
Menjaga kebersihan kabin salah satu cara menjaga kesehatan. Cheatsheet

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada baiknya jika sesekali manfaatkan libur akhir pekan Anda untuk memanjakan mobil kesayangan. Salah satunya dengan membersihkan bagian kabin mobil, setelah digunakan selama seharian. Terlebih setelah mobil Anda digunakan untuk perjalananan jauh. 

Bagian yang jarang diperhatikan dan tak tersentuh untuk dibersihkan oleh pemilik kendaraan biasanya bagian bawah jok mobil. 

Jika sudah begini, Anda sebaiknya cuci karpet mobil. Jika tidak, cairan tersebut bisa memunculkan jamur dan bakteri pembawa penyakit.

"Selain itu, bisa berpotensi membuat mounting jok ke rangka mobil karatan. Sebaiknya perhatikan kebersihan mobil. Toh menjaga kebersihan interior bisa memberikan rasa nyaman serta aura positif bagi pengemudi," kata Marketing Comunication 1Station, Deky Arjuna, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebaiknya melapis bagian dasar kabin dengan bahan yang tidak menyerap air. Dengan begitu, cairan yang tertumpah tidak meresap ke karpet dasar. Bahan serupa juga patut dipasang di bagian dashboard, kulit jok, langit-langit mobil, serta karpet mobil. 

Sementara untuk mebersihkan jok berbahan semi kulit atau kulit sintetis, cukup dibasuh dengan lap chamois atau lap basah untuk membersihkannya. Berbeda dengan jok yang berlapis kulit asli, harus memakai obat khusus untuk membantu menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit lebih lentur.


(UDA)