Trik Berlibur Ekonomis ke Adelaide

Rosa Anggreati    •    Rabu, 18 May 2016 08:15 WIB
wisata eropa
Trik Berlibur Ekonomis ke Adelaide
National Motor Museum di Adelaide (Foto:Holdencarclub.com.au)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berlibur tentu sangat menyenangkan. Dengan berlibur, semua beban dan rutinitas harian ditinggalkan untuk sejenak. Apalagi destinasi liburan Anda ke luar negeri. Adelaide di Australia, misalnya. Wah, berlibur ke Adelaide bakal menjadi momen liburan yang mengasyikkan.


Adelaide kaya akan daya tarik wisata yang tak dapat Anda temui di tempat lain. Terletak di antara perbukitan dan samudra, Adelaide menjadi ibu kota gaya hidup di Australia. Kota elegan yang terkenal akan budaya kulinernya ini menawarkan pemandangan bar kecil yang menjamur, festival berkelas dunia, dan petualangan ekologi yang menakjubkan.


Untuk Anda pecinta otomotif, jangan lewatkan berkunjung ke National Motor Museum, Birdwood. Ada lebih dari 300 mobil klasik yang dilestarikan seperti aslinya di museum luas yang terletak di Adelaide Hills itu.


Didirikan sejak 1964, National Motor Museum berisi ikon otomotif Australia, fasilitas penelitian, dan koleksi mobil klasik serta kendaraan futuristik lainnya. Museum ini kerap dijuluki "kapsul waktu," suatu cara untuk menghormati sejarah transportasi darat di Australia.


National Motor Museum (Foto:wwwbollyblog.blogspot)


Kalau menonton aksi balap mobil lebih memicu adrenalin Anda, tiap tahun jalanan di kota Adelaide disulap menjadi track balap untuk ajang Clipsal 500, sebuah ajang balap jalan antar mobil Supercar V8. Ada juga Adelaide International Raceway yang sering mengadakan berbagai macam event balap mobil mulai dari drag race, touring race bahkan lomba drift. Pecinta otomotif tentu akan dimanjakan apabila traveling ke Adelaide.


Adelaide juga terkenal dengan pesona wisata kulinernya. Siapkan lidah Anda mencicipi beragam cita rasa lezat di Adelaide. Sempatkan menelusuri gang-gang kecil di Adelaide yang berisi deretan bar dan kedai makanan, mulai dari tapas hingga masakan Serbia. Kunjungi wilayah Peel-Leigh Street untuk mencicipi anggur di Clever Little Tailor, dilanjutkan singgah ke BarBushka untuk menyeruput segelas koktail.


Yang juga tak boleh dilewatkan ialah Proof. Kedai kecil ini selalu ramai. Cocok bagi mereka yang ingin hang out sambil minum dan menikmati malam. Proof terdiri atas dua lantai. Di lantai atas berupa area terbuka. Menurut testimoni mereka yang pernah ke sana, Proof menjadi favorit karena tempatnya yang cozy, stafnya ramah, dan minumannya lezat.


Port Adelaide (Foto:Wikimedia)

Setelah puas menikmati ragam kuliner, siapkan alas kaki yang nyaman dan bekali diri dengan peta, yang bisa diperoleh di kantor pariwisata lokal, untuk memulai petualangan Anda di Adelaide. Awali dengan melangkahkan kaki ke Port Adelaide yang terdiri atas bangunan abad ke-19, pub klasik Australia, dan dermaga tua yang terbuka.


Lanjutkan dengan naik kayak di sepanjang Port River (rumah bagi koloni lumba-lumba) atau singgah di Museum Maritim di Lipson Street.


Kemudian, kunjungi jalan yang paling anggun di Adelaide di North Terrace. Lokasi tersebut menyimpan warisan budaya penting. Selain lokasi State Parliament, Adelaide Casino dan Convention Centre, jalan yang didereti pepohonan ini merupakan lokasi Art Gallery of South Australia, South Australian Museum, dan University of Adelaide. Perjalanan Anda semakin lengkap dengan mengunjungi Botanic Gardens, sebuah warisan masa lalu Adelaide dengan bangunan-bangunan bersejarah dan tiga rumah kaca memukau.


South Australian Museum (Foto:Australia.com)


Saksikan berbagai satwa liar di Adelaide Zoo, hanya 10 menit berjalan kaki dari pusat kota. Di sana, Anda bisa menyaksikan lebih dari 1.800 binatang, termasuk kanguru, koala, dan spesies asli Australia lainnya.


Setelah berjalan-jalan seharian, sore hari paling enak menikmati pemandangan sunset. Arahkan kaki Anda ke salah satu pantai yang populer di Adelaide. Nikmati hiruk-pikuk Glenelg, atau suasana santai Henley dan Grange dengan dermaga kayu, kafe pinggir pantai, dan pub bergaya kuno. Atau kalau mau menikmati suasana pantai retro, berkendaralah ke Semaphore. Di sana terdapat lapangan, beragam kedai, tempat berenang, dan taman untuk anak-anak.


Bagaimana, seru kan membayangkan berlibur ke Adelaide? Tentu, semua orang ingin liburan, tapi tak semua orang memiliki kecukupan dana. Berlibur ke luar negeri, seperti kita tahu, membutuhkan dana lebih.


Dengan sedikit trik, Anda bisa tetap berlibur ke Adelaide. Bagaimana caranya?


1. Pilih waktu yang tepat


Dengan memilih waktu berlibur yang tepat, Anda dapat menikmati beragam kegiatan dan festival yang diselenggarakan sesuai musim. Misalnya, jika ke Adelaide, maka waktu yang disarankan ialah pada rentang Desember hingga Maret. Sebab, pada bulan tersebut di sana sedang musim panas. Pada musim panas kerap dihelat Adelaide Festival of Arts and Womadelaide. Sementara, waktu yang tidak disarankan ialah bulan Juni karena biasanya sering turun hujan.


2. Datangi lokasi wisata yang tak memungut biaya



Victoria Square (Foto:Abc.net.au)


Hampir semua lokasi wisata memungut biaya tiket masuk. Namun, jika Anda pelesir ke Adelaide, Australia, Anda dapat bertandang ke sejumlah lokasi secara gratis. Misalnya, Victoria Square, dimana Anda dapat melihat venue di tengah kota dengan taman yang cantik. Kunjungi juga Port Adelaide untuk menyaksikan pemandangan tepi laut yang indah, bangunan bersejarah, dan membeli ikan langsung dari nelayan setiap hari Minggu.


3. Beli makanan selain di restoran



Adelaide Central Market (Foto:Australia.com)


Makanan di restoran, apalagi yang berada di area wisata biasanya dibanderol lebih mahal ketimbang kedai biasa. Kalau sedang ke Adelaide, Australia, coba kunjungi Adelaide Central Market. Pasar yang berdiri sejak 1870 yang menawarkan beragam roti, buah, sayur, keju, dan makanan lainnya untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, ada berbagai kedai makanan yang menawarkan makanan yang harus Anda cicipi.


4. Beli oleh-oleh di pasar lokal


Membeli oleh-oleh di pasar lokal akan lebih hemat daripada belanja di pusat cenderamata. Di Adelaide, Australia, Anda dapat berkunjung ke Adelaide Souvenir Wholesalers. Ini merupakan toko grosir yang harga barang-barangnya cukup murah dengan kualitas baik.


5. Manfaatkan portal pencarian travel


Untuk menghemat pengeluaran, sebelum berangkat coba mampir dulu ke portal pencarian travel. Melalui portal tersebut Anda dapat melakukan perbandingan harga tiket pesawat dan akomodasi selama berlibur.


Seperti halnya portal Wego. Wego merupakan portal pencarian travel yang memberikan kemudahan pengguna untuk mencari berbagai penawaran terkini dari ratusan situs travel dalam satu waktu, baik untuk mencari harga tiket penerbangan maupun akomodasi hotel yang sesuai budget.


Wego sangat membantu perencanaan liburan Anda. Sebab, Wego memberikan berbagai rekomendasi yang mempermudah Anda mendapatkan inspirasi untuk destinasi travel. Dengan Wego, Anda dapat mewujudkan impian berwisata ke Australia dan ke tempat lain di mana pun yang Anda suka.


Anda dapat langsung merencanakan perjalanan ke Australia atau negara mana pun yang Anda minati saat ini juga. Untuk memudahkan pencarian tiket pesawat dan hotel dengan harga bersaing, percayakan kepada Wego.

 




(ROS)