Tips Knowledge

Cara Mudah Pilih Ban Motor yang Tepat

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 29 Nov 2017 17:45 WIB
tips knowledge
Cara Mudah Pilih Ban Motor yang Tepat
Pemilihan ban harus sesuai dengan fungsinya. Dok. MTVN

Jakarta: Ban jadi piranti vital untuk sepeda motor, terlebih saat musim hujan seperti ini. Ban yang gundul akan sulit membelah air dan daya cengkeram ban ke aspal akan berkurang.

Mengingat fungsinya yang penting, tentu Anda tak bisa sembarangan memilih ban yang akan digunakan untuk sepeda motor Anda. Setidaknya ada lima tips yang bisa jadi panduan untuk memilih ban motor yang baik.

Reputasi Merek
Merek ban ternama bisa jadi acuan untuk dipilih, terlebih ban tersebut ikuti sejumlah ajang balap, karena ini menjadi pembuktian kualitas ban yang dijual. Bisa juga dengan pengalaman orang yang sudah menggunakan ban tersebut.

Sesuaikan Fungsi

Sesuaikan dengan fungsi dari tujuan berkendara, misal ban pakai harian tapi suka turing keluar kota, pasti berbeda dengan yang dipakai untuk penggunaan harian saja. 

Sesuaikan Kondisi Jalan
Lihat kondisi jalan yang dilalui, semisal dalam kota saja ya pakai ban aspal, jangan pakai ban dual purpose atau lainnya. Karena tidak semua ban bisa dipakai untuk semua kondisi jalan.

Ukuran Ban dan Pelek
Perhatikan ukuran ban dan pelek, jika mau up-size atau down-size jangan lebih dari dua level. Misalnya pakai ban ukuran 100 pada pelek lebar 2.50, maksimal naik jadi 120 atau turun jadi 80. 

Perhatikan Alur Ban
Kembangan atau alur ban punya fungsi tersendiri antara ban depan dan belakang. Ban depan berfungsi sebagai grip sedang ban belakang sebagai kestabilan. Makanya alur pun harus berbeda, ini biasanya diterapkan pada ban-ban impor macam Michelin atau Pirelli.


(UDA)