Tips MObil

5 Langkah Merawat Mobil saat Musim Hujan

Ekawan Raharja    •    Senin, 17 Oct 2016 11:50 WIB
tips mobil
5 Langkah Merawat Mobil saat Musim Hujan
Mencuci mobil setelah terkena hujan wajib dilakukan untuk menghilangkan air hujan di mobil. Rancho Del Oro Car Wash

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa wilayah di Indonesia sering turun hujan dalam beberapa pekan terakhir. Sialnya, air hujan yang mengandung garam bisa membuat masalah di mobil, khususnya terkait korosi atau karat. Oleh karena itu, agar mobil tetap nyaman untuk digunakan dan tampil menarik, Anda perlu merawat mobil secara berkala.

Berikut ini beberapa langkah sederhana untuk merawat mobil Anda. 

1. Jangan Biarkan Air Hujan Mengering
Segera cuci mobil untuk menghilangkan air hujan yang mulai mengering. Gunakan sabun pencuci mobil dan juga spons halus untuk menghilangkan bercak bekas air hujan. Air hujan yang dibiarkan mengering di bodi mobil dapat merusak lapisan cat dan akhirnya menyebabkan karat.

2. Periksa Bagian Mesin Mobil
Banyak yang hanya mengelap bagian luar mobil setelah selesai proses cuci. Sebaiknya, periksa juga bagian mesin untuk membersihkan air-air yang masuk ke dalam. Jangan sampai air mengenai komponen-komponen yang ada di mesin dan membuat mobil mogok pada kemudian hari.

3. Semprotkan Silicon Spray di bagian Kaca dan Karet-karet
Beberapa bagian karet dan kaca rentan terpapar hujan dan panas. Kondisi ini dapat menyebabkan bagian karet-karet mobil dan kaca cepat rusak. Untuk mencegah hal itu terjadi, pemilik mobil bisa menyemprotkan cairan silicon agar bagian kaca dan karet lebih awet.

4. Tambahkan Karpet di Kabin untuk Cegah Jamur
Kaki penumpang rawan basah dan membasahi lantai mobil saat musim hujan. Untuk menghindari lantai yang cepat kotor, lapisi lantai mobil dengan karpet eksta. Usahakan gunakan karpet berbahan karet supaya mudah dibersihkan.

5. Parkir Mobil di Garasi yang Tertutup
Usai mencuci mobil, lekas masukan mobil ke garasi yang tertutup. Sudah jelas, langkah ini untuk melindungi mobil dari hujan.


(HIL)