Tips Knowledge

Efek Buruk Parkir Mobil di Ruang Terbuka

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 06 Oct 2017 10:24 WIB
tips mobil
Efek Buruk Parkir Mobil di Ruang Terbuka
Area parkir terbuka mempercepat usia komponen mobil. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Ruang yang semakin terbatas dan padat, membuat banyak warga yang memiliki mobil, tak punya garasi. Hal ini sering terjadi di kota-kota besar dan padat. Alhasil, lahan kosong jadi area parkir bersama. Artinya memarkir kendaraan seperti mobil di lahan terbuka juga semakin banyak.

Tapi parkir di tempat terbuka, juga membawa dampak buruk bagi mobil. Dampaknya akan mulai terlihat dan terasa dalam jangka waktu yang cukup panjang.

"Pertama pasti cat mobil, coating atau pelapis cat mobil akan lebih cepat hilang. Apalagi kena panas dan hujan berulang-ulang, otomatis warna bodi lama-kelamaan akan kusam," buka Muhamad Mashudi, Kepala Bengkel Tunas Daihatsu Tangerang.

Kemudian dashboard akan lebih cepat berisik. "Dashboard ini ada pegangan karetnya, karet ini bisa berkurang kelenturannya. Lalu list karet kaca, bisa getas dan sebabkan kebocoran," lanjutnya.

Selanjutnya adalah usia pakai wiper yang relatif lebih singkat. Ini yang paling mudah terkena dampak sering dijemur. Daya sapu air dikaca pun jadi berkurang.

"Terakhir adalah mika lampu, khususnya lampu depan yang lebih cepat menguning dan buram," pungkasnya.


(UDA)