Tips Knowledge

Cara Mudah Usir Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:09 WIB
tips knowledge
Cara Mudah Usir Bau Tak Sedap di Kabin Mobil
Rajin membersihkan bagian kabin dapat menghilangkan bau tidak sedap di mobil. Reader'sDigest

Jakarta: Setelah melakukan perjalanan jauh biasanya akan timbul bau tidak sedap di dalam kabin mobil. Entah karena ada makanan yang berserak atau tumpahan susu anak. Tapi jangan khawatir dan tak perlu terburu-buru untuk membawanya ke salon mobil, karena hal tersebut bisa diatasi sendiri.

Komunitas Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) yang menggelar acara kopi darat di Jakarta, beberapa waktu lalu, dijadikan ajang berbagi tips mengenai mobil. Salah satu tips yang diberikan adalah cara menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil.

Berdasarkan keterangan yang mereka rilis, tak sedikit member TEVCI yang menggunakan mobilnya untuk mengangkut barang belanjaan dari pasar. Efek yang ditimbulkan adalah bau tak sedap yang tertinggal di dalam kabin.

Untuk mengusir aroma tak sedap di dalam kabin, TEVCI menyarankan menggunakan bubuk kopi atau pandan. Caranya, bubuk kopi ditaruh dalam wadah, kemudian diletakan di dalam kabin, terutama di dekeat sumber bau tidak sedap.

Menurut TEVCI, bubuk kopi diklaim sukses menghilangkan sekaligus menetralisir dan menyerap bau tidak sedap, ataupun aroma yang berasal dari pengharum kabin. 

Berbeda cara dengan Rudi, saseorang wirausahawan, yang pinya pengalaman menghilangkan bau tidak sedap pada kabin mobilnya. Dia membeberkan bahwa kondisi itu bisa diatasi dengan bedak badan.

"Sehabis mudik kemarin, kabin mobil saya baunya agak pengap dan tidak enak. Akhirnya saya dikasih tahu teman kalau baunya bisa dihilangkan dengan bedak. Saya coba dan lumayan berhasil," jelas Rudi saat ditemui Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan semua kotoran yang ada di dalam mobil. Kotoran yang ada di dalam mobil, khususnya karpet dan jok, bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner.

Setelah mobil kelar di bersihkan, usapkan bedak badan di panel mobil, taburkan di jok dan karpet mobil. Setelah ditaburkan biarkan selama beberapa jam, dan pastikan pintu mobil terbuka agar udara di mobil dapat bersirkulasi dengan baik.

Setelah itu, bagian panel bisa dibersihkan dengan lap basah. Sedangkan jok dan karpet mobil bisa di bersihkan dengan vacuum cleaner. Selamat mencoba.


(UDA)