Tips Knowledge

Mau Pasang Boks? Sesuaikan Jenis Motornya

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 12 Dec 2017 08:12 WIB
tips motor
Mau Pasang Boks? Sesuaikan Jenis Motornya
Penggunaan ukuran boks yang sesuai akan aman dan tampilan motor jadi gagah. Medcom/ A. Harry Budiawan

Jakarta: Penggunaan boks di motor bukan hal yang asing lagi di Indonesia, meski masih didominasi anggota komunitas. Padahal boks motor punya banyak manfaat, termasuk menjaga keselamatan selama berkendara (baca:boks motor minimalisir kecelakaan). 

Namun memasang tempat penyimpanan barang ekstra ini, tak bisa sembarang pasang dan pilih ukuran besar. Tentukan ukuran boks sesuai dengan jenis motornya.

"Untuk motor matik kecil seperti BeAT, Mio itu lebih pas pakai ukuran kecil seperti Shad SH29 (29 liter), Shad SH33 (33 liter) atau Shad SH34 (34 liter), tinggal sesuaikan desain yang disukai," Toni Wijaya, Sales Department PT Shad Indonesia Motoaccessory (SIM).

Kemudian jika ingin menggunakan side case (side boks) sebaiknya lebar maksimal 50cm dari titik tengah jok motor. "Ini sesuai dengan regulasi yang berlaku di Eropa," sambung Joseph Fernandez, Brand Manager SIM.

Meski pada kenyataannya banyak yang menggunakan top case (boks atas) menjadi side case, sehingga motor jadi terlihat lebar khususnya dibagian belakang. Hal ini jelas berbahaya terutama saat mendahului kendaraan lain.

Kembali soal pemilihan ukuran boks, Joseph mewanti sesuaikan dengan motornya. "Saya sudah lihat orang Indonesia yang pakai tujuh boks dimotornya, lalu matik kecil dengan pasang tiga boks ukuran besar, itu tidak safety," pungkasnya.


(UDA)