Safety Riding

Bikers Ketemu Rampok? Jangan Melawan!

Ekawan Raharja    •    Selasa, 26 Sep 2017 11:06 WIB
safety riding
Bikers Ketemu Rampok? Jangan Melawan!
Jangan melawan begai dan utamakan keselamatan diri sendiri. Doc MTVN

Metrotvnews.com: Risiko terkena aksi kejahatan di jalanan, seperti begal atau rampok, bagi bikers tentu akan selalu ada. Tentu saja para bikers harus berhati-hati menyikapi hal ini agar tetap bisa selamat.

Training Director Jakarta Defensive Driving Centre, Justri Pulubuhu, menjelaskan sebaiknya jangan melawan bila dihadang begal atau perampok. Utamakan keselamatan diri sendiri agar tidak mendapatkan serangan fisik.

"Kalau kita melawan dia akan panik dan akhirnya melukai. Sebaiknya dikasih saja barang bawaan kita yang mereka inginkan. Agar tidak semuanya lenyap, simpan barang berharga seperti KTP, SIM, Kartu Kredit, dan uang secukupnya di tempat terpisah seperti di kantung jaket," ujar Jusri.

Jusri memberikan tips untuk mengurangi risiko bertemu rampok di jalan. Jangan pernah menggunakan barang-barang yang mencolok ketika berkendara seperti perhiasan. Kemudian hindari jalan-jalan yang sepi, khususnya di malam hari.

Khusus bagi lady bikers, sebaiknya ketika berkendara sebisa mungkin minta ditemani rekan pria. Kemudian samarkan identitas sebagai wanita ketika berkendara seperti jangan pakai helm dengan motif yang feminim atau menggunakan sepatu model high heels.

"Pelaku kejahatan cenderung memilih korbannya wanita karena dianggap lebih lemah dan tidak memberikan perlawanan," jelasnya lagi.

Tentu tindak kejahatan di jalan bisa saja menimpa semua orang. Sebagai bikers sebaiknya tetap waspada dan memperhatian kondisi sekitar ketika berkendara.


(UDA)