Tematis Radiator (Bag. 4)

Rutin Kuras Air Radiator, Cegah Karat dan Sumbatan

Abdul Halim Ahmad, M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 05 Sep 2016 11:08 WIB
tips mobil
Rutin Kuras Air Radiator, Cegah Karat dan Sumbatan
Kuras air radiator minimal 20 ribu km cegah karat dan sumbatan. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Penting untuk menjaga kondisi radiator mobil Anda dalam kondisi yang prima. Lantaran komponen ini mendukung kelancaran sistem pendingin suhu mesin untuk mendapatkan temperatur yang sesuai.

Menurut Fahmi mekanik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di Bekasi Timur, agar radiator awet dan bersih harus dirawat secara rutin, salah satu cara adalah mengganti air radiator minimal setiap pemakaian telah mencapai jarak tempuh 40 ribu kilometer. Atau jika air radiator sudah terlihat keruh.

Untuk melakukan pengurasan air caranya cukup mudah, buka lubang pembuangan yang terdapat di bawah radiator, tapi pastikan kondisinya dalam keadaan yang dingin, setelah dibuka buang air dan diamkan sampai benar-benar habis.

Jika sudah kering, maka Anda dapat menutup kembali lubang pembuangan, dan mengisi radiator menggunakan air yang bersih. Jangan isi radiator dengan air yang kotor atau mengandung minyak, karena bisa bikin kerak dan berkarat.

"Gunakan air yang bersih untuk mengisi radiator yang baru dikuras, air yang mengandung kotoran dan berminyak bisa bikin karat. Kalau sudah berkerak dan berkarat, bisa menyumbat lubang di radiator sehingga sirkulasi jadi tidak lancar," terang Fahmi.

Tentunya lebih baik lagi jika menggunakan cairan khusus yang direkomendasikan untuk radiator kendaraan. Sehingga lebih optimal penggunaannya dan juga maksimal dalam proses pendinginan mesin.

Baca juga berita sebelumnya:
Tematis Radiator (Bag. 1)
Tematis Radiator (Bag. 2)
Tematis Radiator (Bag. 3)


(UDA)