Tips Aksesoris

Puddle Light, Trik Unik Ala Komunitas Agya Ayla Holic

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 03 Oct 2017 13:17 WIB
aksesoris otomotif
Puddle Light, Trik Unik Ala Komunitas Agya Ayla Holic
Puddle Light alias lampu LED yang dipasang di bawah spion akan menyala ketika pintu mobil dibuka. FB

Metrotvnews.com, Jakarta: Ragam cara dilakukan pemilik untuk mengubah tampilan mobilnya menjadi berbeda dengan standar pabrikan. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi pencahayaan aftermarket, yang dapat dipasang di mobil kesayangan sesuai selera.

Hal itu dilakukan I Wayan Yardhana yang merupakan member Agya Ayla Holic. Dia memasang lampu LED di bagian bawah spion Daihatsu Ayla miliknya, yang disebutnya sebagai Puddle Lights.

Alhasil Puddle Light alias lampu LED yang dipasang di bawah spion akan menyala ketika pintu mobil dibuka. "Puddle Light kesan buka pintu nyala," kata Wayan dikutip dari laman Facebook-nya, Jakarta, Senin (1/9/2017).

Menurut Wayan, cara pasang piranti ini cukup mudah karena tidak ribet dan tidak perlu membongkar banyak komponen. Untuk meletakan lampu LED di bagian bawah spion sesuai selera, Wayan melubangi atau mencoak sedikit cover spion.

Untuk kelistrikannya, Dia mengambil kabel plus yang berasal dari boks sekring berukuran 7,5 ampere dan negatif dari switch pintu. "Seperti lampu kolong..," sambungnya.

Sebagai informasi, pabrikan mobil Amerika, Ford belum lama ini telah mematenkan teknologi Puddle Lights. Fungsinya untuk menerangi bagian bawah mobil, sehingga pengemudi dan penumpang dapat melihat kondisi jalan yang jelek di bawahnya.

Kegunaan lainnya untuk memberi pesan mengenai status kendaraan, salah satunya pengingat sisa daya baterai atau daya aki mobil, yang akan terlihat di dashboard saat pengemudi membuka pintu kendaraan. Tertarik mencoba?


(UDA)