Tips Knowledge

Pahami Penyebab Utama Ban Benjol

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 08 Oct 2017 14:13 WIB
tips knowledge
Pahami Penyebab Utama Ban Benjol
Ban benjol tak bisa diperbaiki dan harus ganti baru. Waterloo Honda

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam proses pembuatan ban atau si karet bundar, sangat tergantung dengan mesin pencetak dan komputerisasi. Bahkan diklaim hanya 35 persen faktor campur tangan manusia. Namun nyatanya, ban tetap bisa rusak. Salah satunya adalah ban benjol.

Benjol atau yang biasa disebut dengan bulging disebabkan banyak faktor. Faktor fisik seperti benturan keras pada lubang jalan dengan kecepatan tinggi, atau bisa juga kesalahan pabrikasi dalam proses produksi .

Dari buku panduan ban Goodyear, benjol yang muncul disebabkan tekanan angin yang tinggi dari dalam. Sehingga terjadi separasi plies atau cord. Benjol bisa terjadi di tapak dan dinding ban. 

Jika benjol di tapak ban disebabkan terpisahnya komponen-komponen tapak ban karena benturan, kemudian pemakaian ban tidak sesuai kondisi jalan.

Sedangkan benjol di dinding ban, karena putusnya benang di area ini lantara terkena benturan. Sehingga membuat dinding jadi lemah dan tak lagi bisa membuat tapak ban menapak dengan baik. Bisa juga karena bagian benang yang renggang di dinding ban. 

Jika ban sudah benjol, tentu akan menurunkan performa dan tak aman lagi. Ban yang benjol tidak dapat lagi diperbaiki, dan Anda harus menggantinya dengan ban baru.


(UDA)