Cairan Anti Bocor

Bedakan Cairan Penambal Ban Mobil dan Motor

Ekawan Raharja    •    Minggu, 25 Sep 2016 12:13 WIB
tips knowledge
Bedakan Cairan Penambal Ban Mobil dan Motor
Cairan penambal ban untuk mobil ternyata memiliki lebih kental dibandingkan produk sejenis untuk sepeda motor. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini sudah banyak dijajakan cairan penambal ban di pasar aftermarket. Namun seiring perkembangan, cairan penambal ban untuk sepeda motor dan mobil pun dibedakan.

"Dulu banyak orang yang menggunakan cairan penambal sepeda motor untuk mobil. Melihat kebutuhan itu, kita keluarkan produk cairan penambal ban untuk mobil," jelas Supervisor M-One, Yudhi Hendrawan, Sabtu (24/9/2016) di Bursa Motor di Senayan Jakarta.

Disebutkan cairan ini memiliki formulasi yang lebih kental ketimbang produk untuk sepeda motor. Hal ini disesuaikan dengan tekanan kendaraan yang berbeda.

"Produk untuk sepeda motor aman digunakan untuk mobil, dan juga sebaliknya. Namun produk penambal ban untuk mobil lebih sempurna menutup lobang di mobil karena produk ini disesuaikan dengan tekanan mobil yang juga lebih berat dari sepeda motor," lanjutnya.

Yudhi juga menjelaskan bahwa cairan penambal ban untuk mobil juga lebih cepat menutup lubang di ban. Hal ini dilakukan karena tekanan angin di dalam ban lebih kuat, sehingga jika tidak cepat ditutup maka anginnya akan berkurang banyak di dalam ban.

"Masa pakai cairan ini biasanya seumuran dengan masa pakai ban. Dihitung setelah cairan ini dituangkan ke dalam ban, kalau masih di dalam botol tidak ada masa kadaluarsanya."

Saat ini cairan penambal ban untuk mobil sudah banyak di jajakan di toko-toko aftermarket. Sedangkan produk M-One dijual dengan harga kisaran Rp85 ribu.


(UDA)