Mobil Warna Putih Mengurangi Risiko Kecelakaan

Hilman Haris    •    Senin, 28 Nov 2016 16:57 WIB
mobil
Mobil Warna Putih Mengurangi Risiko Kecelakaan
Warna mobil ternyata memiliki korelasi dengan tingkat kecelakaan di jalan raya.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sederet hal mesti dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Harga biasanya menjadi pertimbangan utama. Namun, jangan lupakan pula soal spesifikasi, tipe, hingga warna mobil.

Persoalan terakhir harus disikapi dengan cermat. Bukan apa-apa, warna memiliki korelasi dengan tingkat kecelakaan di jalan raya. Warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau patut dipertimbangkan. Sebab, ketiga warna itu mudah ditangkap oleh mata manusia. Terutama saat kondisi malam hari. Atas dasar itulah, lampu lalu lintas menggunakan tiga warna tersebut.

Dari semua pilihan, mobil berwarna putih patut Anda pilih. Pasalnya menurut salah satu perusahaan keamanan di Jerman, Tuev-Nord, mobil dengan warna tersebut cenderung lebih sedikit mengalami kecelakaan dibandingkan mobil berwarna gelap seperti hitam atau biru tua. 

Warna mobil yang cenderung gelap memang tidak disarankan untuk dibeli. Hasil penelitian Universitas Monash di Kota Melbourne, Australia, ditemukan bahwa "Mobil berwarna gelap seperti hitam memiliki risiko terlibat kecelakaan hingga 12%.

"Mobil dengan warna hitam dan biru tua memiliki tingkat kecelakaan yang sangat besar pada malam hari. Disarankan juga tidak memilih warna abu-abu. Sebab, warna tersebut sulit dilihat pada waktu siang atau ketika kondisi matahari terik," lansir Monas University Accident Research Centre (MUARC).

Berdasar beragam penelitian tersebut tak heran jika mobil berwana putih dan cerah kerap terlihat di jalan raya pada dewasa ini. Selain bagus dari segi estetika, mobil-mobil tersebut juga ternyata mampu mengurangi risiko pengendara dari kecelakaan.  


(HIL)