Tips Mobil

Segera Keringkan Rem Usai Mobil Libas Banjir

Ekawan Raharja    •    Jumat, 11 Nov 2016 11:28 WIB
tips mobil
Segera Keringkan Rem Usai Mobil Libas Banjir
Brake pads yang basah membuat kinerja rem mobil berkurang. MI/ARYA MANGGALA

Metrotvnews.com, Jakarta: Banjir kembali menggenangi sejumlah wilayah di Indonesia. JIka Anda bernasib sial karena harus menerjang banjir dengan menggunakan mobil, sebaiknya segera memeriksa sejumlah komponen termasuk sektor pengereman ketika sudah sampai di rumah.

Menurut Service Head Passenger Car Sun Star Motor Kudus, Sunarto, rem yang basah usai menerjang banjir cukup berisiko untuk penumpang. Jika brake pads/kampas rem basah, kemampuan pengereman akan berkurang. Hal itu terjadi karena brake pads menjadi licin.

"Mengetahui brake pads basah atau tidak bisa diketahui dari bunyi. Jika timbul bunyi decitan ketika pedal rem diinjak berarti brake pads basah," kata Sunarto kepada tim Metrotvnews.com, Kamis (10/11/2016).

Sunarto menyarankan agar brake pads segera dikeringkan. Cara termudah dengan menekan pedal rem berulang kali usai saat berjalan.

"Mobil dijalankan dengan kecepatan rendah usai keluar dari genangan atau banjir. Saat mobil berjalan, injak pedal rem berulang kali agar brake pads cepat panas dan mengering," bebernya.

Meski begitu, seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari mengobati. Oleh karena itu, sebelum brake pads basah, sebaiknya pengemudi mobil disarankan agar tidak menerjang banjir. 


(HIL)