Tips Mudik Aman

Mudik Pakai Motor, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 09 Jun 2017 08:55 WIB
tips mudik
Mudik Pakai Motor, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!
Ribuan pemudik menggunakan sepeda motor memadati pelabuhan Merak pada Lebaran tahun lalu. Dok. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mengimbau masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke kampung halaman atau mudik, agar tidak menggunakan sepeda motor saat lebaran nanti. Tujuannya untuk mengurangi keelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran, yang masih didominasi pengendara sepeda motor.

Instruktur Safety Institute Indonesia, Dhany Ekasaputra menuturkan, mudik menggunakan sepeda motor sebaiknya hanya dilakukan dalam keadaan terpaksa. Itu pun harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti kesiapan fisik pengemudi dan kesiapan kondisi kendaraan, agar mudik Anda menjadi nyaman, menyenangkan dan aman sampai tujuan.

"Pertama periksa kondsi ban, pastikan ketebalan dan kembangannya masih dalam batas aman. Jika sudah mulai botak segera lakukan penggantian sebelum berangkat mudik. Jangan lupa untuk mengisi tekanan angin ban sesuai yang direkomendasikan pabrikan, dan cek ketebalan kampas rem."

Yang kedua adalah melakukan pengecekan bagian setang atau kemudi. Menurutya fungsi kemudi pada sepeda motor harus ringan dan tidak seret, serta hindari membawa barang bawaan terlalu banyak, terlebih yang bisa mengganggu posisi bebas stang kemudi saat berkendara.

"Ketiga, ganti oli mesin dan sebaiknya jangan sampai melampaui batas kilometer yang ditentukan pabrikan. Ini penting untuk mendukung performa berkendara. Keempat, gunakan perlengkapan berkendara seperti, sarung tangan, jaket, sepatu serta celana panjang yang tebal dan nyaman.

Dan yang tak kalah penting adalah perhatikan sekeliling saat Anda berkendara. Jangan hanya terfokus menatap depan. Pastikan Anda melihat ke kanan dan kiri serta sekeliling untuk mengetahui lingkungan dan kondisi jalan. Hal ini untuk menghindari kejadian yang disebabkan oleh pengendara lain atau pejalan kaki.


(UDA)