Tips Knowledge

Efek yang Terjadi Jika Suspensi Mobil Lemah

Ekawan Raharja    •    Minggu, 05 Nov 2017 17:57 WIB
tips knowledge
Efek yang Terjadi Jika Suspensi Mobil Lemah
Kondisi suspensi tergantung kepada penggunaan dan jalan yang sering dilalui.

Metrotvnews.com, Jakarta: Suspensi penting untuk dirawat agar mobil bisa melaju dengan aman dan nyaman. Jika abai dilakukan tentu akan ada efek-efek negatif yang ditimbulkan, membuat perjalanan tidak menyenangkan.

Suspensi yang sudah rusak atau lemah mempunyai efek yang dapat dirasakan oleh penumpangnya saat mobil sedang berjalan. Suspensi yang rusak menyebabkan kemampuan peredam kejutnya menjadi sangat minim, sehingga kenyamanan penumpang berkurang. Kerusakan suspensi dapat menimbulkan bunyi di bagian bawah mobil terutama saat melewati jalan yang tidak rata, seperti dikutip dari Astra World.

Kemudian dari sisi kemampuan mobil, handling steer akan menurun, seperti di kondisi kecepatan tinggi. Steer akan terasa melayang, lalu saat melewati jalan tidak rata steer sulit dikendalikan dan steer tidak dapat lurus di jalan yang rata.

Tentu saja jika kondisi suspensi sudah lemah atau rusak harus segera diganti. Jangan sampai rusaknya suspensi merambat ke komponen lain yang ikut rusak.

Komponen suspensi yang sudah lemah atau rusak tentu berbeda-beda, tergantung keluhan yang dialami. Jika keluhannya berupa bunyi saat melewati jalan tidak rata kemungkinan besar terdapat kerusakan shock absorber, karet support shock absorber, ball joint, dan karet bushing arm & stabilizer. Kerusakan karet bushing ini juga menyebabkan kendaraan tidak dapat berjalan lurus pada saat melaju di jalan yang lurus.

Keluhan kemudi melayang dapat disebabkan karena tie rod, long tie rod yang sudah kendor. Setelah dilakukan perbaikan komponen kaki-kaki yang rusak, jangan lupa untuk melakukan pengecekan bearing pada tiap roda dan selanjutnya lakukan penyetelan untuk keselarasan kaki-kaki dengan cara di spooring.

Umur suspensi tidak dapat diprediksi, tergantung dengan penggunaan dan kondisi jalan. Semakin sering digunakan dan kondisi jalanan yang buruk dilalui, maka akan semakin cepat suspensi akan rusak.


(UDA)