Tips Knowledge

Blind Spot, Salah Satu Faktor Penyebab Kecelakaan

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 04 Jul 2017 16:26 WIB
tips knowledge
<i>Blind Spot</i>, Salah Satu Faktor Penyebab Kecelakaan
Jangan terlalu yakin dengan kaca spion untuk melihat kondisi sekeliling kendaraan. Sunday Times Driving

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beragam kejadian unik ketika mengemudi. Salah satunya, kendaraan muncul tiba-tiba dari samping. Padahal sebelumnya, sisi Anda kosong saat melihat ke spion. Itulah yang dinamakan blind spot. Gejala itu merupakan area yang tidak terlihat untuk semua jenis kendaraan (mobil, sepeda motor, bus dan truk).

Mirisnya, Boy Falatehansyah, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyebut lebih dari 200 orang meninggal dunia akibat No Zone setiap tahun. Sebanyak 60 persen pengemudi yang terlibat pada kecelakaan tersebut mengaku tidak melihat kendaraan lain.

Blind spot adalah area pandangan yang tidak terlihat oleh pengemudi. Penyebabnya bisa dari bentuk kendaraan, lingkungan, atau traffic,” jelas Boy saat ditemui Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Blind spot ini juga meliputi area persimpangan, tikungan, perumahan, jalan berbukit, area padat bangunan, kendaraan yang parkir di bahu jalan, area berdebu, dan area sekeliling yang tidak terlihat lainnya,” lanjut Boy.

Untuk mengantisipasi kecelakaan akibat kondisi tersebut, agar selalu hati-hati dan ekstra waspada untuk kemungkinan terburuk ketika berkendara.

“Jangan terlalu yakin dengan kaca spion untuk melihat kondisi sekeliling kendaraan. Sebab ada area yang tidak terpantul dari spion tersebut. Sebisa mungkin menoleh sekeliling untuk melihat kendaraan lain,” tutup Boy,


(UDA)