Tips Knowledge

Warna Berpengaruh Terhadap Harga Jual Mobil Bekas

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 05 Sep 2017 14:49 WIB
tips knowledge
Warna Berpengaruh Terhadap Harga Jual Mobil Bekas
Warna mobil belakangan sudah jadi trend tersendiri. Sussexliving

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa sangka warna rupanya dapat menjadi nilai tambah ketika ingin menjual mobil. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh iSeeCars kuning disebut menjadi warna yang memiliki harga jual paling menarik.

Hasil survei iSeeCars, yang telah meneliti sekitar 20 juta mobil bekas dari segala model dengan tahun produksi 1981-2010, mengatakan, bahwa mobil bekas bewarna kuning bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi ketimbang warna hitam atau warna populer lainnya.

“Warna yang populer biasanya hitam, silver, atau putih. Tapi mobil dengan warna tersebut tidak mendapat harga jual yang bagus. Hanya 1,1 persen dari seluruh mobil bekas yang terjual berwarna kuning, karena jarang ada, makanya jadi mahal,” terang CEO dan Founder iSeeCars Phong Ly.

Ly menyontohkan, ketimbang warna hitam, mobil kuning biasanya lebih mahal Rp18 juta jika dibandingkan dengan warna hitam. Penyusutan harga untuk mobil yang bewarna kuning hanya 26,2 persen dalam lima tahun.

Sementara mobil bewarna hitam 34,4 persen. Untuk mobil warna abu-abu 34,2 persen, silver 34 persen, putih, 33,7 persen, biru 33,6 persen, cokelat 33,3 persen, dan merah 31,7 persen. Sebagai catatan, inflasi tahunan akan ikut mempengaruhi.

Survei iSeeCars serasa agak bertentangan dengan data Axalta. Karena warna yang paling populer di dunia untuk mobil baru ialah warna putih. Axalta berkata dari seluruh mobil yang dipasarkan di dunia, 29 persen bewarna putih.

Sedangkan warna hitam menempati posisi kedua, dengan porsi 20 persen, diikuti oleh warna silver dengan angka 15 persen. Bagaimana dengan kuning? Tidak terlalu banyak, karena hanya 2 persen dari seluruh mobil baru di dunia.


(UDA)