Tips Knowledge

Mengenal Evaporator dan Prediksi Siklus Penggantiannya

Ekawan Raharja    •    Senin, 17 Dec 2018 08:57 WIB
tips knowledge
Mengenal Evaporator dan Prediksi Siklus Penggantiannya
Evaporator yang sudah bocor baiknya segera diganti. Hyundai

Jakarta: Komponen pendingin kabin atau air conditioning (AC) merupakan salah satu bagian penting di mobil untuk menghadirkan udara yang sejuk di kabin. Perawatan komponen satu ini harus dilakukan secara rutin agar AC bisa bekerja maksimal dan bisa memberikan udara sejuk di dalam kabin.

Salah satu bagian yang harus diperhatikan adalah evaporator. Pemilik mobil harus paham mengenai komponen satu ini, tahu kapan harus dibersihkan, atau mungkin waktunya diganti.

Dikutip dari laman resmi Hyundai, penyakit yang kerap terjadi di evaporator adalah kebocoran. Jika terjadi kebocoran, fungsi evaporator mendinginkan refrigerant setelah melewati expansion valve menjadi tidak optimal. Refrigerant banyak terbuang melalui lubang kebocoran tersebut dan akhirnya AC mobil pun menjadi tidak dingin.

Idealnya refrigerant itu tidak akan berkurang atau habis, karena gas ini hanya bersirkulasi saja di dalam sistem AC mobil. Awal dari masalah evaporator ini adalah kotoran yng bersarang di kisi-kisinya. Kotoran berupa debu ini akan mengeras dan menutupi kisi-kisi evaporator sehingga kompopnen ini tak bisa mengeluarkan hawa dingin dan menyumbat aliran udara dari blower.



Jika dibiarkan kotoran ini akan membuat evaporator menjadi lembab dan berjamur sehingga mudah terjadi korosi dan akhirnya terjadi kebocoran. Itu sebabnya mobil-mobil modern dilengkapi filter kabin yang berfungsi menyaring kotoran sehingga tak menempel di evaporator.

Jika sudah terjadi kebocoran di evaporator, kemungkinan besar sudah terjadi korosi. Solusi paling aman dan tuntas adalah menggantinya dengan yang baru.

Terkadang ada bengkel AC yang menawarkan solusi lebh murah, yaitu dengan cara dilas. Perlu diketahui, walaupun berhasil dilas perbaikan ini sebenarnya bersifat hanya sementara.

Untuk periode waktu tertentu kebocoran pasti akan terjadi lagi di jalur pipa evaporator yang lain. Ini berarti yang Anda lakukan hanya membuang waktu dan biaya.

Jika ingin solusi yang tuntas, cara terbaik adalah dengan mengganti evaporator dengan yang baru. Memang harganya tidak murah, tapi jangka waktu pemakaiannya juga lebih panjang. Dengan begitu akan menghemat biaya dan waktu, dan jangan lupa secara rutin dijaga kebersihannya.


(UDA)