Tips Knowledge

Mengenal Teknologi Sabuk Keselamatan di Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 23 Oct 2017 08:14 WIB
tips knowledge
Mengenal Teknologi Sabuk Keselamatan di Mobil
Wajib pasang sabuk pengaman untuk menjaga keamanan selama berkendara. IFM

Metrotvnews.com, Jakarta: Seatbelt mobil merupakan fitur keselamatan wajib dalam berkendara. Komponen ini bahkan diklaim sebagai fitur keamanan yang paling utama. Saat ini teknologi sabuk pengaman pun semakin maju canggih, termasuk dengan adanya sensor pretensioner dengan perlindungan lebih baik.

Product Knowledge Planning Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsa Putra, memastikan seatbelt adalah fitur keselamatan yang utama. Hal ini karena komponen ini yang paling pertama melindungi saat kecelakaan terjadi.

"Kita sebut yang paling utama karena ini yang paling dekat dengan badan. Seatbelt langsung melekat di badan," ujarnya kepada Metrotvnews.com , di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Cara kerja pretensioner di seatbelt mobil

Pentingnya seatbelt sebagai salah satu komponen keselamatan membuat berbagai pabrikan mengembangkan komponen ini. Toyota juga mengembangkan teknologi seatbelt dengan pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism.

Ketika kecelakaan terjadi, pretensioner mechanism akan aktif. Sabuk akan mengencang untuk menjaga badan agar tidak terpental. Seatbelt dan sistem pretensioner-nya juga bisa diganti, tapi harus berhati-hati karena berhubungan dengan sistem elektronik di mobil. 

Kemudian setelah beberapa detik, force-limiter mechanism bekerja. Sabuk pengaman akan mengendur dan membuat badan membentur airbag yang sudah mengembang.

"Sistem ini bekerja selaras dengan airbag. Jadi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism bekerja saat airbag mengembang," tambah Gandhi.

Dengan adanya dua teknologi ini membuat presentase risiko cedera berkurang. Khususnya risiko patah tulang bahu akibat tekanan seatbelt yang terlalu kuat.


(UDA)