Tips Knowledge

Tips Usir Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 30 Nov 2017 16:14 WIB
tips knowledge
Tips Usir Embun di Kaca Mobil Saat Hujan
Shampoo bisa untuk mengusir embun pada kaca mobil. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Mengemudi saat hujan membutuhkan konsentrasi yang lebih, apalagi ditambah munculnya embun di kaca mobil yang menganggu visibilitas serta jarak pandang berkendara. Lalu apa yang menjadi penyebab kaca mobil berembun? 

Embun yang muncul di kaca disebabkan perbedaan suhu antara kabin mobil dengan di luar kabin, karena suhu di dalam kabin lebih panas dibandingkan dengan suhu di luar yang lebih dingin. Hal inilah yang menimbulkan uap air di kaca bagian dalam kabin. 

"Cara menghilangkan embun adalah dengan menyalakan AC mobil. Seiring suhu kabin yang semakin sejuk, embun di kaca akan menghilang," jelas Instruktur dan Direktur Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungka, kepada Metrotvnews.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun perlu diingat, penggunaan AC saat musim hujan juga bisa menyebabkan kaca berembun di suhu temperatur yang terlalu dingin. Untuk itu disarankan agar menyetel temperatur secukupnya. Selain itu adalah dengan mengaktifkan fitur reciculation. Fitur ini biasanya ada di konsol AC dengan gambar tanda panah dari luar masuk kabin mobil.

"Mengaktifkan fitur ini artinya udara hembusan AC berasal dari luar kabin. Sedangkan jika tidak diaktifkan, udara yang dihembuskan AC berasal dari kabin namun sudah melewati proses pendinginan," tambah Rifat.

Cara lain menghilangkan embun bisa dengan mengoleskan sedikit shampoo rambut di kaca mobil bagian dalam. Namun usahakan shampoo tidak dicampur dengan air. Setelah itu, lap kaca yang telah diolesi shampoo itu dengan lap kanebo yang sedikit lembab. Agar tidak buram, cara mengelapnya juga harus searah.


(UDA)