TIps Knowledge

Perbaiki Bumper Penyok Pakai Hair Dryer

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 08 Nov 2017 09:38 WIB
tips knowledge
Perbaiki <i>Bumper</i> Penyok Pakai <i>Hair Dryer</i>
Hair dryer bisa memperbaiki bumper mobil yang penyok. KennethChan

Metrotvnew.com, Jakarta: Mobil keluaran teranyar umumnya memiliki desain bodi yang lebih modern. Bahkan rata-rata bahan material bodi mobil modern lebih didominasi campuran serat aluminium, karbon, fiberglass dan plastik.

Ini jelas berbeda dengan era 90an yang mengunakan bahan plat logam serta besi sepenuhnya. Perubahan 
ini tak lain demi menekan biaya produksi serta efektifitas dalam proses produksi, dan tentunya lebih ramah lingkungan. 

Ternyata penggunaan bahan material dari fiberglass dan plastik punya kelebihan. Yaitu mudah diperbaiki ketika mengalami kerusakan. Bumper atau bagian bawah bodi mobil sangat rentan mengalami kerusakan, terutama penyok, saat senggolan halus karena bagian tersebut terbuat dari plastik. 

Bagian yang penyok tersebut bisa diperbaiki tanpa harus ke bengkel resmi. Hair dryer biasa digunakan untuk mengeringkan dan menata rambut bisa menjadi alat bantu untuk mengembalikan bumper mobil yang penyok.

"Bila bodi atau bumper mobil hanya penyok sedikit atau tidak terlalu parah, tidak usah langsung bawa ke bengkel, kita lihat dulu. Kalau kita bisa tangani sendiri, itu akan mengirit pengeluaran dan pastinya memberi rasa kepuasan tersendiri. Terpenting kerusakannya tidak terlalu besar," beber Marcello pemilik bengkel poles Details Auto kepada Metrotvnews.com, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Cara melakukannya pun cukup mudah, bermodalkan hair dryer. Seseorang bertugas memanaskan bagian luar bumper. Sementara seseorang lagi menekan dari bagian dalam yang sudah panas tadi sehingga kembali ke bentuk aslinya.

Walaupun membutuhkan sedikit ketelitian, namun hal ini diyakini sebagai salah satu solusi untuk 
menghemat biaya servis di bengkel profesional yang harganya bisa saja lebih mahal dari sekadar membayar biaya bulanan listrik rumah Anda. Selamat mencoba.


(UDA)