Tips Knowledge

Efek Buruk Karet Boot Roda Sobek

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 14 Sep 2017 11:51 WIB
tips knowledge
Efek Buruk Karet Boot Roda Sobek
Rutin cek berkala karet boot roda cegah power steering cepat rusak. Ttora

Metrotvnews.com, Jakarta: Komponen kaki-kaki mobil punya peran vital terhadap kenyamanan berkendara. Kerusakan komponen tersebut ada yang disebabkan oleh usia pakai, yang memang didesain untuk pemakaian jangka waktu tertentu. Namun, ada juga komponen yang rusak akibat kurang perhatian atau perawatan.

Kerusakan itu biasanya semakin parah karena sering dianggap remeh, sehingga memungkinkan merembet ke komponen lain. Contohnya permasalahan pada bagian kontrol kemudi atau rack steer, yang bermula dari sobeknya karet boot roda.

Meski tidak berhubungan langsung dengan fungsi kemudi, tapi piranti yang satu ini punya peran sangat penting. Yaitu menjaga pelumas tidak cepat kering serta melindungi rack end long tie rod dari kotoran atau air.

Fahmi pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur membeberkan, efek samping karet boot roda yang sobek, jika dibiarkan terlalau lama akan berpengaruh terhadap rusaknya as rack power steering. Karena kotoran dan air yang masuk atau menempel akan melukai seal rack power steering, dan berefek terjadinya kebocoran pada minyak power stering.

Jika sudah begini, Anda harus bersiap untuk merogoh kocek kantong lebih dalam untuk biaya perbaikannya. "Jika penggantian karet boot roda sudah melewati dua tahun sebaiknya dilakukan pengecekan, ini untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih besar. Pengecekannya juga gampang, karena terlihat dari luar, dan letaknya ada di sisi roda bagian dalam," terang Fahmi.

Sementara, untuk mobil yang sudah menggunakan sistem electric power steering (EPS), kotoran dan air yang masuk bikin putaran gigi (gigi pinion) menjadi cepat aus/rusak. Kemudian akan berpengaruh tehadap sensor gerak dan merembet ke sensor EPS. Gajala awal kerusakan, biasanya setir jadi loss dan berat.

"Untuk mencegah hal tersebut tidak ada salahnya rutin lakukan pengecekan, lebih baik mencegah sejak dini. Karena harga as rack steer yang power steering yang biasa (hidrolik) maupun EPS sama-sama mahal. Dan jika ingin beli copotan harus satu set," tutupnya.
 


(UDA)