Tips Knowledge

Cara Memilih Pelumas yang Sesuai Mesin Kendaraan

Ekawan Raharja    •    Kamis, 03 Aug 2017 12:49 WIB
tips knowledge
Cara Memilih Pelumas yang Sesuai Mesin Kendaraan
Jangan sampai salah memilih pelumas untuk mesin mobil. pep service center

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelumas merupakan salah satu bagian penting yang ada di dalam mesin. Meski cairan ini tidak tampak kinerjanya, namun jangan sampai salah memilih pelumas untuk mesin mobil atau sepeda motor kesayangan.

Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, Shofwatuzzaki, menjelaskan pelumas memiliki sejumlah tugas agar mesin dapat bekerja dengan baik. Dia bahkan memberikan beberapa tips untuk konsumen agar bisa memilih pelumas yang tepat untuk mobil atau sepeda motor kesayangan.

1. Jenis Pelumas

Pastikan pelumas yang anda pilih seusia dengan kebutuhan. Jika membutuhkan pelumas mesin, maka pastikan bahwa pelumas yang dibeli memang diperuntukan mesin.

Jangan sampai salah membeli pelumas. Seperti membutuhkan pelumas mesin, namun di beli adalah pelumas untuk transmisi atau power steering.

2. Viskositas (kekentalan)
Setiap pelumas memiiki viskositas atau kadar kekentalannya. Setiap mesin mobil atau sepeda motor membutuhkan viskositas pelumas yang berbeda-beda.

Cara mudah untuk mengetahui kekentalan pelumas yang dibutuhkan oleh mobil atau sepeda motor kesayangan, silahkan baca di buku panduan. Setelah tahu beberapa viskositas pelumas yang disarankan, silahkan memilih pelumas yang sesuai.

3. Spesifikasi Kinerja dan Jaminan Mutu

Pastikan pelumas yang dipilih memiliki standar dan kualitas yang sudah terjamin. Biasanya standar untuk pelumas sudah memiliki cap dari Jaso MB,

Kemudian untuk kecocokan spesifikasi mesin dan pelumas, biasanya produsen pelumas mencantumkan kode. Tentu pelumas untuk mesin diesel biasa dengan turbo diesel memiliki spesifikasi kinerja pelumas yang berbeda.

4. Persetujuan Spesifikasi Produsen Mobil
Sebagian produsen pelumas bahkan mencantumkan produknya cocok untuk mobil-mobil atau sepeda motor merek tertentu. Bahkan produsen mobil dan sepeda motor juga mengeluarkan surat persetujuan bahwa pelumas tersebut sudah memenuhi kebutuhan mesinnya.

Biasanya persetujuan ini dicantumkan di bagian belakang kemasan pelumas. Disebutkan mobil-mobil dan sepeda motor merek apa saja yang cocok menggunakan pelumas tersebut.

5. Klaim Teknologi

Setiap pelumas tentu menawarkan teknologi dan keunggulan masing-masing. Maka tinggal disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Seperti contoh konsumen membutuhkan pelumas dengan kemampuan tinggi atau pelumas yang tahan lama?


(UDA)