Tips Mobil

Tiga Langkah Mudah Sebelum Membeli Mobil Bekas

Ekawan Raharja    •    Senin, 18 Sep 2017 16:13 WIB
tips mobil
Tiga Langkah Mudah Sebelum Membeli Mobil Bekas
Memilih mobil bekas memerlukan keahlian tertentu agar mendapatkan mobil dengan kondisi terbaik dan harga yang terbaik. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com: Banyak alasan memilih untuk membeli mobil bekas. Tentu semua disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan keinginan dari si calon pembeli.

Memilih mobil bekas pun terbilang gampang-gampang sulit. Bagi yang terbiasa atau paham dunia otomotif tentu bisa memilih dengan mudah mobil bekas yang mereka inginkan. Kondisi ini tentu berbeda jika si calon pembeli hanya orang awam yang akan sulit untuk memeriksa dan menentukan mobil bekas yang dia inginkan.

"Sebagai contoh ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan mobil bekas untuk keperluannya sehari-hari. Tentu mereka akan sudah untuk memeriksa mobil bekas yang dia inginkan. Mulai dari memeriksa mesin, kondisi body, masuk ke kolong liat-liat kalau ada yang bocor, dan yang lain-lainnya," ujar General Manager Blue Bird Used Car, Hery Sugiarto, di acara Tips Memilih Asuransi Online dan Mobil bekas yang diselenggarakan Mobil123.com.

Tetapi Hery memiliki tiga cara mudah untuk sebelum membeli mobil bekas. Diharapkan dengan cara ini konsumen bisa mendapatkan mobil yang mereka inginkan dengan kondisi dan harga terbaik.

1. Cari Perbandingan di Situs Jual beli mobil Bekas Online atau Offline

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat spesifikasi mobil yang akan dibeli. Lihat juga mobil-mobil yang sejenis dengan yang akan di beli.

Saat ini pun memeriksa harga mobil bekas bisa dilakukan dengan cara berkunjung ke dealer mobil bekas. Tetapi jika males berkunjung ke dealer mobil bekas, calon pembeli bisa memeriksanya di beberapa situs jual beli mobil seperti mobil123.com, Carmudi, atau oto,com.

Cara ini perlu dilakukan agar calon pembeli mengetahui harga pasaran mobil yang diinginkannya. Mereka diharapkan dapat mobil yang diinginkan dengan harga terbaik.

2. Bawa Mekanik yang Paham Mesin dan Body

Setelah menentukan mobil bekas yang diinginkan, lakukan pemeriksaan. Calon pembeli bisa membawa rekan yang paham dengan mobil atau mekanik.

Biarkan dia yang memeriksa kondisi mobil, mulai dari kondisi body mobil hingga mesin. Nanti calon pembeli tinggal merasakan mobil tersebut apakah sesuai dengan yang diinginkannya atau tidak.

3. Beli di Tempat yang Terpercaya

Jika membeli di dealer atau melalui situs jual beli mobil online, pastikan beli di tempat yang terpercaya. Hal ini untuk meminimalisir penipuan yang kerap terjadi akhir-akhir ini.

Pilih dealer yang sudah terpercaya dan kalau perlu memilih dealer mobil bekas yang besar seperti CAReady atau mobil888. Di sana biasanya mereka sudah memiliki standar prosedur untuk memastikan kondisi mobil baik sebelum di jual kepada konsumen.

Apabila melalui situs jual beli online, pilih situs jual beli online yang terpercaya. Biasanya mereka sudah melakukan serangkaian mekanisme untuk memastikan bawa penjual tersebut benar-benar bisa di percaya.


(UDA)