Tips Perawatan Motor

Penting, Sesekali Rawat Rantai Motor Secara Menyeluruh

Rifki Rahman    •    Senin, 10 Jul 2017 15:36 WIB
perawatan kendaraan
Penting, Sesekali Rawat Rantai Motor Secara Menyeluruh
Perawatan rantai secara menyeluruh, juga penting untuk menghindari masalah besar. dok MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Umumnya, rantai motor dibuat agar bertahan dan memiliki umur minimal satu tahun dalam jangka pemakaian normal. Namun ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan mulai dari kebersihan sampai penggunaan minyaknya.

Tapi tak jarang kita melihat bengkel umum masih banyak yang menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Padahal ini adalah perawatan yang sangat tidak direkomendasikan. Lantaran oli bekas sudah memuat partikel-partikel mesin dan juga sisa hasil pembakaran.

Bahkan dalam beberapa kali ulasan yang kami berikan, penggunaan oli bekas salah satu penyebab pendeknya umur rantai motor. Ini karena sifat oli bekas yang sudah terlalu kental sehingga tidak klop bila dijadikan pelumas untuk rantai yang memang dipaksa bekerja ekstra keras.

Menyemprot cairan khusus pembersih rantai adalah salah satu solusinya

Lalu bagaimana dengan penggunaan oli baru untuk melumasi rantai motor? juga sangat tidak disarankan. Mengingat sifat oli yang mempunyai daya perangkap yang sangat tinggi. Sehingga partikel seperti debu, kotoran hingga bercak air pun mudah terjerembab di sana.

Seperti yang dirasakan kebanyakan pengguna motor, ketika rantai mulai kering mulai timbul suara berisik, longgar, bahkan keluar dari jalur giginya. "Pakai oli bekas malah bikin rantai cepat kotor. Jadi benar-benar tidak direkomendasikan pakai oli bekas untuk melumasi rantai," beber Udin, kepala mekanik Clara Motor di Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Penggunaan pelumas khusus rantai adalah solusi yang dianjurkan oleh seluruh pabrikan motor mengingat kinerja rantai motor yang tidak santai.

Rantai yang sudah kering dan berkarat, bakal mudah merusak komponen rantai lainnya

Hal lain yang bisa dilakukan adalah melakukan pembersihan daerah-daerah yang dilalui rantai motor anda. Penggunaan minyak khusus rantai pun tidak menjamin secara penuh kebersihan rantai.

Sesekali lakukan perawatan dengan membuka casing penutup pangkal rantai mesin bagian kiri dan membersihkan bagian-bagian tersebut. Bisa menggunakan bensin atau juga menggunakan cairan penetran.

Setel tingkat ketegangan rantai, agar tidak cepat merusak mata gir

Perawatan lain yang harus diperhatikan settingan/setelan pada rantai motor anda. Perlu diperhatikan dalam melakukkan settingan berkala ini, kondisi rantai yang kendor memang sangat tidak nyaman bila dipakai berkendara. Terlalu kencang pun akan membuat tarikan motor terasa berat.

Perlu kita ketahui, kinerja motor bukan hanya ada di bagian mesin saja. Terdapat komponen yang harus ikut diperhatikan layaknya komputer yang memiliki software dan hardware.


(UDA)