Tips Knowledge

Tire Sealant Motor dan Mobil, Beda Kekentalan

Ahmad Garuda    •    Senin, 24 Jul 2017 10:25 WIB
tips knowledge
<i>Tire Sealant</i> Motor dan Mobil, Beda Kekentalan
Beda kekentalan, beda juga peruntukan tire sealant. Amazon

Metrotvnews.com, Jakarta: Asumsi tentang semakin kentalnya tire sealant bakal semakin bagus kualitasnya, ternyata tidak tepat. Bisa dibilang pemahaman ini cenderung salah kaprah apalagi terlanjur dipercaya banyak orang. Padahal yang menentukan cairan tersebut bisa bekerja dengan baik atau tidak, justru komposisi material tire sealant itu.

Meski demikian, kekentalan tire sealant tentunya akan berbeda antara motor dengan mobil. Mengingat keduanya punya penampang ban berbeda dan juga load index yang diterima ban itu juga berbeda antara motor dan mobil.

Menurut Marketing Director PT Tetsan - Maju Bersama, Philip Buulolo yang jadi produsen produk tire sealant IML, bahwa tingkat kekentalan antara tire sealant untuk ban motor dan ban mobil itu berbeda.

"Harus dibedakan, karena beban yang diterima ban itu akan berbeda. Kemudian luas penampang juga akan berpengaruh untuk mempercepat proses menutup bekas bocor yang ada. Yang jelas untuk produk IML, tire sealant yang kami produksi untuk ban mobil, kekentalannya lebih tinggi ya sesuai dengan kebutuhan yang saya sebutkan di atas," klaim Philip.

Tentang bagaimana caranya bekerja, Philip melanjutkan bahwa jelas cairan ini akan berfungsi sebagaimana mestinya. Apalagi jika mencabut paku yang menancap di ban tersebut. Harus segera digulirkan untuk membuat cairan segera menutup bekas tusukan benda tajam yang tadi.

Teknologi tire sealant yang kini semakin berkembang, disesuaikan dengan kebutuhan. Meski beberapa merek tire sealant malah membuat banyak konsumen ban kecewa, karena merusak pelek dan struktur karet bagian dalam ban, namun IML datang dengan solusi terbaiknya.

"Kami berupaya memberikan material dan campuran yang terbaik. Tidak merusak dan bisa membuat ban lebih awet. Makanya kami berani mengatakan bahwa kualitas tambalan kebocoran IML, akan bertahan sama lamanya dengan usia pemakaian ban."


(UDA)