Tips Knowledge

Lalai Periksa Bearing Road, Bahaya Mengintai

Ekawan Raharja    •    Kamis, 19 Jul 2018 11:35 WIB
tips knowledge
Lalai Periksa <i>Bearing Road</i>, Bahaya Mengintai
Bearing memiliki fungsi menjaga stabilitas putaran roda. Astraotopart

Jakarta: Bearing roda di sepeda motor memang bentuknya kecil dan terdapat di dalam pelek. Meski demikian, pemilik sepeda motor harus tetap memperhatikan komponen tersebut.

Bearing di as roda memiliki fungsi untuk membuat putaran roda lebih lancar dan stabil. Jika pernah merasakan motor seperti goyang-goyang, inilah salah satu indikasi bearing motor sudah oblak atau rusak.

Jangan pernah berani membiarkan bearing rusak tetap mengatur irama putaran ban motor. Selain menimbulkan ketidaknyamanan selama berkendara, memaksakan bearing rusak tetap bekerja bisa menyebabkan komponen lainnya ikut rusak.

Seperti contoh tromol yang pertama kali akan kena imbas ketika bearing rusak dipaksakan. Saat sepeda motor melaju tidak stabil, otomatis posisi roda dan tromol pun tidak akan pas. Posisi yang tidak simetreis inilah yang akan merusak tromol dan terlihat bergelombang.

Selain itu, posisi ini akan membuat kampas rem tidak habis secara rata, atau malah jadi cepat aus karena tekanan yang tidak normal dari roda. Hal ini utamanya disebabkan karena bearing yang rusak menyebabkan kampas hanya menggigit satu bagian tromol saja.

Jadi jika ban sepeda motor sudah terasa mulai bergoyang, bisa segera diperiksakan. Bisa jadi sudah waktunya bearing diperiksa


(UDA)