Tips Jok Mobil

Cara Memperlakukan Jok Kulit Asli yang Benar

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 08 Feb 2017 13:07 WIB
tips knowledge
Cara Memperlakukan Jok Kulit Asli yang Benar
Perawatan runtin jok kulit mobil bikin lebih awet. Karlssonleather

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian mobil keluaran terbaru di segmen medium ke atas, umumnya telah dilapisi dengan kulit asli atau semi kulit. Bahkan sebagian pemilik ada yang melapis ulang joknya dengan kulit. Selain terlihat makin mewah, tujuannya agar tidak mudah kotor.

Namun merawat jok berlapis kulit asli (non sintetis) tidak boleh sembarangan. Jika jok berbahan semi kulit atau kulit sintetis, cukup dibasuh dengan lap chamois atau lap basah untuk membersihkannya. Tidak demikian dengan pelapis jok dari kulit asli.

"Jok berlapis kulit asli, harus memakai obat khusus. Obat ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit lebih lentur," papar Dedi dari Padi Leather Seat, spesialis interior mobil, kepada Metrotvnews.com, beberapa waktu lalu.

Lalu apa efek jika membersihkan lapisan jok berbahan kulit tadi dengan air atau lap basah? "Jelas akan merusak, karena kulit akan menyerap air. Nah, efeknya kulit tadi bisa kering, kaku dan akhirnya retak," beber Dedi.

Lapisan jok kulit yang retak ternyata masih bisa diperbaiki, dengan cara menyemprotkan cat khusus untuk menutupi keretakannya. Tapi tetap saja lapisan kulitnya sudah tak sempurna lagi.

"Produsen kulit asli untuk pelapis jok biasanya memberikan garansi, bisa satu atau dua tahun. Tapi kalau kerusakan karena salah perawatan, garansi tidak berlaku," kata Dedi yang menyarankan perawatan jok setidaknya sebulan sekali. 


(UDA)