Safety Riding

Posisi Kaki Bakal Titik Tumpu Berat saat Berkendara

Ekawan Raharja    •    Selasa, 30 Oct 2018 10:39 WIB
safety riding
Posisi Kaki Bakal Titik Tumpu Berat saat Berkendara
Pastikan posisi kaki selalu ada di deck skutik ketika berkendara. Medcom.id/Ekawan Raharja

Bogor: Ketika berkendara sepeda motor, keseimbangan adalah hal yang paling penting untuk di jaga. Posisi kaki ketika berkendara penting diperhatikan untuk menjaga titik tumpu berat, sekaligus menjaga keseimbangan berkendara.

Instructor Roda Dua dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Doddy Setiadi, menjelaskan banyak pengemudi yang tidak memperhatikan posisi kaki ketika berkendara. Ada yang menjulurkan kakinya sebagai tanda untuk berbelok, atau posisi kaki tidak tepat meski sudah diletakan di deck motor atau foot step.

"Kalau kaki tidak di posisinya, titik tumpu dan berat sepeda motor tidak benar. Pastikan titik berat selalu ada di bawah untuk menjaga keseimbangan ketika berkendara. Kalau kaki tidak di foot step atau deck, maka titik tumpu akan berpindah ke atas dan itu menjadi sepeda motor rawan tidak seimbang," ujarnya ketika mengisi sesi teori MPM Road Safety Campaign 2018 di Bogor.

Dia mencontohkan untuk skuter matik, kaki harus ada di dek motor. Kemudian posisi kaki harus tetap di dalam deck, jangan dikeluarkan karena bisa berbahaya.

Sedangkan untuk sepeda motor model sport, kaki harus menjepit tangki. Begitu juga posisinya jangan biarkan lutut terbuka karena rawan.

"Kalau kaki dikeluarkan dari deck atau terbuka tidak menjepit tangki, itu berbahaya karena bisa saja terkena sepeda motor yang lain. Ini juga menunjukan bentuk arogansi pengendara karena ingin menguasai jalan."

Nah sudah tahu kan posisi kaki ketika berkendara. Silahkan dipraktekan!


(UDA)