Tips Knowledge

Sembilan Hal yang Bisa Merusak Cat Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 23 May 2017 09:38 WIB
tips knowledge
Sembilan Hal yang Bisa Merusak Cat Mobil
Ada 9 benda yang tidak kita sadari dapat merusak cat mobil. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Penampilan mobil yang selalu terlihat bersih dan kinclong menggambarkan sang pemilik yang apik. Namun banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara merawat body atau cat agar tetap bersih dan mulus. Sehingga warna menjadi lebih awet serta tidak cepat kelihatan pudar. 

Menurut pemilik bengkel cat mobil di bilangan Bekasi Timur, Muhamad, banyak hal yang bisa membuat cat mobil menjadi kusam, kotor, dan akhirnya rusak. Untuk itu pemilik mobil harus memperhatikan bagian ini, terlebih cat mobil menjadi bagian terluar mobil yang setiap hari terkena paparan berbagai benda.

Pemilik mobil setidaknya harus mengetahui berbagai hal yang dapat merusak cat mobil. Daihatsu melalui laman resminya mengumumkan 9 benda yang bisa membuat rusak cat mobil.

1. Aspal dan Kerikil
Ketika melintas di jalanan, banyak potongan aspal atau krikil yang berterbangan. Terlebih jika jalan yang dilalui kondisinya rusak, semakin banyak potongan aspal dan krikil yang berterbangan yang merusak cat mobil.

Pengemudi mobil sebaiknya menghindari jalanan rusak. Agar tidak banyak potongan aspal dan krikil yang berterbangan dan merusak cat mobil.

2. Hujan
Tanpa disadari air hujan merupakan benda yang dapat merusak cat mobil. Kandungannya zat asam di dalamnya dapat membuat cat mobil memudar.

Sebaiknya pemilik mobil segera mencuci mobil setelah terkena hujan. Kemudian pastikan mobil di lap hingga kering, sehingga tidak ada bekas air yang mengering dan membuat noda di mobil.

3. Serangga
Tanpa kita sadari, terkadang ada serangga yang hinggap di body mobil. Perlu diperhatikan bahwa beberapa serangga ternyata dapat menghasilkan zat asam.

Pemilik mobil sebaiknya membiasakan diri untuk mengelap mobil setiap pagi. Kebiasaan ini selain untuk menjaga kebersihan mobil, juga untuk menghilangkan zat asam yang dihasilkan oleh serangga.

4. Debu
Debu yang menempel di mobil dapat merusak dan menggores cat mobil. Bahkan beberapa orang pun iseng menuliskan kata-kata di atas body yang berdebu, dan hal ini membuat kondisi cat dapat semakin parah.

Sudah pasti membersihkan mobil secara rutin harus dilakukan agar debu yang menempel di mobil tidak bertumpuk.

5. Getah
Bagi yang suka parkir di bawah pohon, patut di awasi tetesan getah di mobil. Ternyata getah dapat merusak cat mobil.

Jika cat mobil ketetesan getah, sebaiknya pemilik mobil segera membersihkannya dengan pembersih lem atau pembersih cairan lengket. Setelah bersih dari getahm bisa menggunakan cairan pelindung cat.

6. Kopi
Tumpahan kopi atau teh ternyata juga dapat merusak cat mobil. Kandungan asam di dalam teh dan kopi bisa menjadi musuh bagi cat mobil. Segera bersihkan tumpahan kopi dan teh dengan air biasa.

7. Krim Cukur/lotion anti nyamuk
Terkadang cat mobil ketumpahan krim cukur atau lotion anti nyamuk. Nyatanya kedua krim tersebut dapat membuat cat mobil mengelupas.

Pemilik mobil harus segera membersihkan bagian yang ketumpahan krim cukur atau lotion anti nyamuk dengan air biasa. Setelah itu gunakan sabun khusus mobil untuk menghilangkan tumpahan tersebut secara maksimal.

8. Kotoran Burung
Bila parkir di tempat terbuka, kotoran burung bisa menjadi musuh. Tumpahan kotoran burung yang tidak segera dibersihkan dapat merusak cat dan bahkan logam.

Untuk membersihkannya, jangan langsung dihapus dalam kondisi kering. Sebaiknya kotoran tersebut di siram hingga kemudian di seka perlahan agar cat tidak baret.

9. Penyiram Otomatis Taman
Apabila mobil parkir di dekat taman, awasi semprotan otomatis tanaman. Air yang disemprotkan biasanya sudah tercampur dengan zat-zat khusus untuk tanaman. Sebaiknya mobil terparkir jauh dari penyiram otomatis taman.


(UDA)