TIps Knowledge

Mobil Terobos Banjir, Perhatikan Beberapa Hal ini

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 24 Oct 2017 08:13 WIB
tips knowledge
Mobil Terobos Banjir, Perhatikan Beberapa Hal ini
Putaran mesin harus dijaga agar air banjir tidak tersedot ke dalam. Nairaland

Metrotvnews.com, Jakarta: Intensitas hujan untuk wilyah Jakarta dan sekitarnya diprediksi mulai tinggi, itu juga sebagai penanda musim penghujan telah tiba. Kondisi Jakarta yang belum bebas dari banjir mengharuskan pemilik kendaraan bermotor wajib berhati-hati jika menorobos banjir.

Mekanik Nissan Kedawung Cirebon, Hadis, menjelaskan bahwa kondisi mesin perlu diperhatikan. Jika sudah memastikan ketinggian banjir aman, maka selanjutnya yang perlu dijaga adalah putaran mesin.

"Putaran mesin harus dibuat stabil, jangan biarkan putaran mesin turun secara mendadak. Jika turun secara mendadak, malah bikin rusak," ucap Hadis kepada MEtrotvnews.com, di sela-sela Datsun Rising Expedition 2 Cirebon, beberapa waktu lalu.

Disebutkan bahwa jika rpm turun secara mendadak, maka air yang ada di knalpot bisa tersedot masuk. Efeknya gas buang tidak bisa disalurkan secara benar.

"Kalau air sudah tersedot knalpot, nanti saluran emisi tertutup. Jika tertutup, maka gas emisi akan mencari celah-celah yang terbuka. Lama-kelamaan bisa menyebabkan kebocoran di banyak tempat," tambah hadis.

Perhatikan juga posisi katup hisap dan saluran udara masuk ke mesin. Lantaran jika posisinya berada di bawah, maka Anda harus ekstra hati-hati dalam menerjang genangan air.


(UDA)