Tips Knowledge

Cara Berpindah Jalur yang Aman

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 06 Nov 2017 10:26 WIB
tips knowledge
Cara Berpindah Jalur yang Aman
Sering pindah jalur bahayakan pengendara lain. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sering berpindah jalur saat berkendara, merupakan tindakan yang membahayakan keselamatan di jalan. Hal ini akan mengganggu serta membahayakan keamanan pengguna jalan lainnya dan juga mengganggu arus lalu lintas.

Untuk itu, Kasi Dikmas Lantas Polda Metro Jaya, Kompol Herman Ruswandi menjelaskan beberapa cara berpindah jalur yang aman, tanpa menganggu arus lalu lintas.

"Amati spion untuk melihat apakah lalu lintas memungkinan Anda untuk mengubah jalur, kemudian berikan isyarat (lampu sein) sesuai arah/tujuan Anda dan selalu amati titik buta (blind spot). Selain itu juga penting untuk sesekali menengok untuk memastikan kondisi," ujarnya.

Sikap seperti ini dikenal sebagai tindakan preventif dalam berkendara, karena selalu melakukan double check kondisi sekitar.

Herman melanjutkan, bahwa menjaga kecepatan juga hal terpenting. "Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan arus lalu lintas yang berdekatan dengan jalur Anda. Setelah berada di jalur yang dituju berjalan dengan kecepatan normal dan tidak lupa matikan lampu sein mobil Anda.

Menurutnya ada tiga standar keselamatan yang harus dipenuhi jika ingin aman dan selamat di jalan. Pertama Siap Kendaraan, dalam pengertian kendaraan harus dalam kondisi layak jalan, kedua Siap Pengemudi dalam pengertian driver harus dalam kondisi sehat. Ketiga Siap Aturan, dalam pengertian pengemudi harus tahu rambu-rambu serta peraturan lalu lintas. 


(UDA)