Tips Knowledge

Airbag Tak Mengembang Saat Kecelakaan? Ini Penyebabnya

Ekawan Raharja    •    Jumat, 31 Mar 2017 19:36 WIB
tips knowledge
<i>Airbag</i> Tak Mengembang Saat Kecelakaan? Ini Penyebabnya
Airbag memiliki beberapa syarat sebelum akhirnya mengembang saat kecelakaan terjadi. NCAP

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim redaksi Metrotvnews.com mendapatkan cerita mengenai kecelakaan beruntun yang dialami oleh sebuah Toyota Camry. Namun saat kecelakaan terjadi, airbag tidak mengembang. Padahal Camry saat ini sudah dilengkapi dengan tujuh titik airbag. Mulai dari airbag depan, kaki, dan samping.

Pengetahuan tentang syarat untuk membuat airbag mengembang, cukup penting. Apalagi dalam beberapa kasus kecelakaan, beberapa orang malah melaporkan kecelakaannya atau teman dan keluarga yang jadi korban, diklaim karena airbag tak mengembang.

Product Knowledge Planning Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsa Putra, mengklarifikasi kondisi tersebut bisa saja terjadi. Banyak faktor yang menyebabkan airbag tidak mengembang, tapi bukan berarti airbag tidak berkerja.

"Kalau kecelakaan beruntun ditabrak dari belakang terus mobil kita menabrak mobil di depannya, kita amati dulu. Bisa jadi mobil yang di depan tidak mengaktifkan rem, sehingga energi tabrakan tersalurkan juga ke mobil depan dan tidak terdeteksi sensor airbag," jelasnya beberapa waktu lalu.

Kecepatan saat benturan terjadi juga berpengaruh. Sensor airbag yang ada di bagian depan mobil, baru akan bereaksi jika mobil menghantam benda statis minimal kecepatan 40 kilometer per jam.

"Kita lihat juga kecepatan mobil saat tabrakan beruntun tersebut. Jika misalkan kecepatannya kurang dari 40 kilometer per jam, bisa jadi energi tabrakan sudah di serap oleh sasis mobil. Sensor airbag tidak mendeteksi energi tabrakan, jadi airbag tidak perlu mengembang," tambahnya.

Syarat lain yang menentukan airbag mengembang atau tidak saat kecelakaan adalah posisi benturan terjadi. Hal ini terkait dengan posisi sensor airbag, yang biasanya diletakan di depan kiri dan kanan mobil. Jika tabrakan berada di samping, belakang, atau sudut tertentu membuat energi tabrakan tidak terbaca oleh sensor airbag.

Namun syarat terakhir bisa juga berubah jika mobil sudah dilengkapi airbag samping atau belakang. Beberapa mobil saat ini sudah mengaplikasikan airbag di samping, belakang, hingga kaki penumpang depan.


(UDA)