Tips Ban Mobil

Tips Memilih Ban Bekas Berkualitas

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 07 Feb 2017 09:23 WIB
tips knowledge
Tips Memilih Ban Bekas Berkualitas
Pilih ban mobil bekas yang masih layak pakai. Wikihow

Metrotvnews.com, Jakarta: Membeli ban bekas untuk mobil atau motor memang menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang ingin menghemat biaya. Namun, membeli ban bekas tidak boleh asal. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Dengan begitu, ban aman saat digunakan.

Mus Mulyadi, kepala bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, punya trik dalam memilih ban bekas yang masih layak pakai. Menurutnya, diusahakan tidak membeli ban bekas yang sudah pernah ditambal. "Hal tersebut bakal mengurangi kualitas ban," kata Mulyadi.

Selain itu, Anda harus memperhatikan kembangan tetap tebal. Jangan membeli kondisi ban yang telah menyentuh batas akhir pemakaian (ITW). Apalagi yang sudah divulkanisir. Pastikan juga bagian sisi ban dalam kondisi baik dan tidak retak.

Perhatikan batas akhir pemakaian ban mobil

"Cermati kode produksi ban. Pilih yang tebilang baru karena ban juga punya masa kadaluwarsa. Dengan begitu, tingkat kekuatannya masih dalam kondisi baik," saran Mulyadi.

Anda juga patut waspada soal ban impor ilegal asal Tiongkok dan India yang sedang marak beredar di pasaran. Belum lama ini, Asosiasi Produsen Ban Indonesia (APBI) melaporkan, ada sekitar 2 juta ban impor per tahun yang masuk ke pasar lokal secara ilegal.

"Ban mobil yang aman digunakan adalah yang telah menerapkan SNI. Ban impor ilegal yang ada di pasaran dikhawatrikan dapat membahayakan keselamatan pengendara," kata Ketua APBI, Azis Pane.

“Ban lokal diproduksi dengan kualitas mengikuti standar pemerintah dan menggunakan karet alam dari petani dalam negeri. Sedangkan kualitas ban impor ilegal yang masuk ke Indonesia belum teruji dan mengabaikan SNI. Ban impor ilegal itu menggunakan bahan baku dari carbon black dengan kualitas di bawah standar," tegas Azis kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mus menyarankan, jangan tergiur membeli ban dengan harga yang murah. Anda harus memerhatikan kualitas dan kondisi ban layak pakai. Dengan begitu, Anda tidak dirugikan serta mengabaikan keselamatan berkendara.


(UDA)