Tips Knowledge

Kaca Film Ada jenis Solar Control dan Security, Apa Bedanya?

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 04 Aug 2018 09:46 WIB
tips mobil
Kaca Film Ada jenis Solar Control dan Security, Apa Bedanya?
Kaca film ada yang untuk menolak panas dan memberi keamanan. Livingstingy

BSD City: Barangkali banyak pengguna mobil yang belum tahu jika kaca film pun ada jenisnya, yakni solar control dan security film. Cara pemasangan keduanya memang sama, namun punya fungsi yang berbeda-beda.

"Solar control untuk menolak sinar UV, kan ada UV A, UV B dan UV C yang bisa sebabkan kanker kulit, penuaan dini lalu bisa merusak kabin, bahasanya getas," kata Herrys Winata, Marketing Manager PT Jaya Kreasi Indonesia selaku distributor kaca film Llumar.

Kalau security film ini membantu kaca jadi lebih keras, tapi bukan berarti tidak bisa pecah. "Tapi kalau pun pecah, security film akan menjaga kaca nyembur, terutama saat tabrak samping," tambahnya di ICE, BSD City Kamis (3 Agustus 2018).

Security film juga bisa melindungi kaca dari pecahan busi seperti yang dilakukan pembobol mobil. "Kaca tidak bisa tahan dari pecahan busi, tapi dengan dilapis security film, kaca tidak bisa dijebol," beber pria berkacamata ini.

Tapi security film umumnya berwarna bening, jadi jika ingin mendapatkan privasi lebih, harus dilapis lagi dengan kaca film solar control. "Pemasangannya memang dilapis, kita kasih garansi tujuh tahun jika pakai produk kami," pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Herrys juga mengenalkan dua produk baru Llumar yakni Stratos 30 untuk kaca depan dan Stratos 15 untuk kaca samping dan belakang. Keduanya andalkan teknologi double nano ciramic, dengan kemampuan menolak panas dan ramah signal gadget.


(UDA)