Tips Knowledge

Pilih-Pilih Boks Motor Sesuaikan Dengan Dimensi

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 02 Aug 2018 06:48 WIB
tips motor
Pilih-Pilih Boks Motor Sesuaikan Dengan Dimensi
Boks motor punya ukuran beragam, sehingga bisa disesuaikan dimensi motor. Medcom/ A. Harry Budiawan

Jakarta: Beberapa model motor sudah dilengkapi bagasi besar, namun kadang ruang penyimpanan dirasakan tetap kurang. Tak jarang banyak pengguna sepeda motor yang menambahkan boks pada buritan atau sisi samping motor.

Tapi sayangnya sering terlihat skutik kecil menggunakan boks ukuran yang besar. Padahal seharusnya pemilihan boks motor harus disesuaikan dengan dimensi kuda besi kesayangan.

"Untuk motor matik kecil seperti BeAT, Mio itu lebih pas pakai ukuran kecil seperti ukuran 29 liter, 33 liter atau 34 liter, tinggal sesuaikan desain yang disukai," Toni Wijaya, Sales Department PT Shad Indonesia Motoaccessory (SIM).

Lalu jika ingin pakai side boks (side case), usahakan lebarnya tak lebih dari 50cm diukur dari titik tengah jok, itu jika mengikuti regulasi Eropa. Lebih mudah lagi Anda bisa berpatokan pada sisi paling luar sepeda motor yakni kaca spion.

Selain fungsinya untuk membawa barang bawaan, boks motor juga berperan dalam menjaga keselamatan. Pasalnya tak ada lagi barang yang diletakkan disetang, jok atau tangki motor, yang hanya diikat tali karet.

"Salah satu alasan pakai boks motor karena lebih aman, simpel, konsentrasi berkendara terjaga dan barang pun aman. Namun di Indonesia penjualan boks motor sangat kecil," sambung Toni lagi.

Saat ini pemain boks motor di Indonesia pun sudah lumayan banyak, mulai dari Shad, Givi, Kappa, KMI dan merek-merek papan atas seperti Hepco Becker atau Touratech. Tentu bahan dan harga jualnya menyesuaikan.


(UDA)