Tips Pelek

Bikin Calyamu Lebih Kekar dengan Pelek 17 Inci

Ahmad Garuda    •    Senin, 20 Feb 2017 14:11 WIB
tips mobil
Bikin Calyamu Lebih Kekar dengan Pelek 17 Inci
Pakai velg ukuran 17 di Toyota Calya, bisa ubah karakter handling tapi lebih nyaman. Ade Habibie

Metrotvnews.com, Jakarta: Low cost green car (LCGC) sudah jadi primadona baru mobil untuk mereka yang baru naik kelas. Khusus untuk tipe Toyota Calya atau Sigra, ada saja yang dirasakan kurang oleh beberapa pemiliknya. Salah satu cara yang mereka tempuh adalah mencoba trik ganti pelek ke ukuran 17.

Penting untuk menyiasati penggantian pelek atau roda ke ukuran lebih besar, terutama untuk karena akan naik 3 tahap. Lantaran jika hanya mengganti ukuran roda saja, maka bisa dipastikan bisa membuat performa mobil terganggu, terutama kemungkinan ban belakang bisa mentok ke fender.

"Saya mengakalinya dengan mengganti per terlebih dahulu. Yaitu menggunakan per Toyota Etios bagian depan dan kemudian dipotong satu ulir untuk belakang Calya. Memang akan lebih tinggi 3-5 cm tapi masih sangat nyaman dari sisi performa bagian roda," klaim pemilik Toyota Calya merah, Ade Habibie.

Ia melanjutkan bahwa keluhan-keluhan amblasnya suspensi belakang Calya yang sebagian besar dikeluhkan penggunanya, bisa diatasi dengan cara seperti itu. Sebelumnya Ia sudah menggunakan pelek 16 milik Honda Jazz RS dan terakhir Ia menggunakan pelek XXR dengan profil yang berbeda antara depan dan belakang.

Pria yang juga menjadi ketua umum Calya Sigra Club itu menegaskan bahwa hingga saat ini ukuran roda 17 adalah yang paling maksimal Ia lakukan. Tapi Ade masih sangat penasaran untuk mencoba pelek 18. Mengingat masih ada jeda dan Ia ingin membuktikan bahwa bagian kaki-kaki Calya ini range modifikasinya bisa sangat beragam.


(GUS)