Tips Isi BBM

Kesadaran Mematikan Mesin saat Isi BBM Masih Rendah

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 20 Dec 2018 09:49 WIB
tips motorsafety ridingtips knowledge
Kesadaran Mematikan Mesin saat Isi BBM Masih Rendah
SPBU yang terbakar karena tak matikan mesin motor di Bogor. Dok. Metro TV

Jakarta: Pesan mematikan mesin kendaraan saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU sudah sangat jelas terpampang. Tapi nyatanya masih banyak pengendara yang bandel dan tak menghiraukan peringatan tersebut.

Padahal efeknya sangat berbahaya. Kejadian SPBU terbakar terjadi di Kota Bogor pada Oktober lalu. Api diduga berasal dari salah satu motor yang melakukan pengisian BBM menggunakan jeriken dan tidak mematikan mesin kendaraan. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sementara pemilik jeriken melarikan diri usai kejadian.

Dari situ sudah jelas, bahayanya bensin yang menetes mengenai bagian komponen kelistrikan motor yang bisa mengeluarkan api seperti busi. Belum lagi saat mesin hidup banyak aliran listrik yang juga bisa berpotensi memercikan api.

"Dari koil, dari CDI atau ECU, belum lagi panas mesin yang bisa juga jadi sumber bahaya tadi," beber Wawan dari bengkel Jaw's Speed. "Biasanya pengendara motor cenderung mematikan mesin, kecuali kunci tangki atau kunci kotak sudah rusak, lain soal," sambungnya.

Didit, seorang operator SPBU juga mengamini hal yang sama. "Paling sering pengendara mobil yang enggak mau mematikan mesin, karena buka tangki cukup dengan tarik tuas. Malah lebih aman mobil jaman dulu, isi BBM harus turun dan buka tangki manual," katanya.

Dari kejadian tersebut, semoga bisa lebih memacu kesadaran diri saat melakukan pengisian bahan bakar di SPBU. Lihat video di sini.


(UDA)