Tips Mudik Aman

Ukur Kemampuan Diri, Pilih Waktu Mudik yang Tepat

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 09 Jun 2017 14:22 WIB
tips mudik
Ukur Kemampuan Diri, Pilih Waktu Mudik yang Tepat
Berkendara malam karena badan lebih segar. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim mudik sebentar lagi tiba. Jutaan kendaraan bermotor akan bergerak dari kota-kota besar menuju kota-kota lain yang merupakan kampung halaman masyarakat. Tak jarang perjalanan jauh harus ditempuh untuk berkumpul bersama keluarga.

Mengingat perjalanan mudik masih dilakukan pada masa puasa, tentu ada yang harus diperhatikan. Khususnya, waktu perjalanan mana yang lebih baik, jalan siang atau malam?

Rifat Sungkar, dari Rifat Drive Labs yang juga pereli nasional menjelaskan hal tersebut cukup berpengaruh. Pria satu ini menyarankan perjalanan malam lebih baik dilakukan jika pengemudi tetap berpuasa selama perjalanan.

"Iya jamnya dibalik, soalnya saat puasa dimalam hari badan akan lebih segar dibanding siang karena sudah ada asupan makanan dan cairan yang masuk," katanya.

Selain itu, perjalanan malam juga membuat pengemudi lebih awas di kecepatan berapa pun. Lampu dari kendaraan lain akan mudah terlihat, sehingga membuat pengemudi lebih bisa membaca situasi.

"Ini terlepas dari pengemudi mengalami gangguan penglihatan saat mengemudi malam hari ya," ucapnya lagi. Jika mengemudi siang, sebaiknya istirahat setiap tiga jam, dan sempatkan untuk tidur siang sejenak untuk merefresh fisik.


(UDA)