Tips Mudik Aman

Beli Mobil Seken Buat Mudik? Wajib Cek Ini

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 12 Jun 2017 17:00 WIB
tips mudik
Beli Mobil Seken Buat Mudik? Wajib Cek Ini
Cek wajib kondisi dan kesiapan mobil bekas sebelum dibawa mudik. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menggunakan mobil pribadi untuk mudik masih menjadi alternatif pilihan sebagian orang, bahkan tidak jarang mereka membeli mobil bekas/seken untuk digunakan mudik tahun ini. Tetapi sebelum tancap gas menuju kampung halaman, ada baiknya kendaraan diservis terlebih dahulu.

Hendra, pengelola Smart Auto Gallery menjelaskan, sebelum membawa mobil bekas untuk jalan sebaiknya diservis dulu. Hal ini untuk memastikan kendaraan yang bakal dipakai nyaman dan aman selama perjalanan mudik.

"Sebelum mudik kalau pakai mobil bekas diservis dulu. Lebih baik servisnya di bengkel resmi biar lebih terjamin," jelas Hendra saat, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Hendra menuturkan, hal pertama yang harus diperiksa adalah kondisi mesin. Pastikan bahwa kondisi mesin tidak mengalami kerusakan ataupun masalah.

Selanjutnya yang perlu dicek adalah bagian kaki-kaki. Jalur mudik yang tidak bisa ditebak membuat kaki-kaki harus prima dan kuat untuk diajak jalan jauh.

Kemudian yang tidak boleh terlupakan adalah bagian cairan di mesin. Pastikan oli mesin, oli rem, oli gardan, cairan radiator, dan berbagai cairan di dalam kendaraan cukup.

Pengecekan ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk mobil bekas saja, tetapi mobil baru pun harus diperiksa sebelum perjalanan jauh. Tentu saja diharapkan mudik menjadi menyenangkan dan bisa selamat sampai kampung halaman.


(UDA)