Tips Knowledge

Isi BBM, Lebih Baik di Pagi Hari!

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 18 Apr 2017 09:33 WIB
tips knowledge
Isi BBM, Lebih Baik di Pagi Hari!
Bahan bakar minyak punya sifat memuai di suhu panas. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahukah Anda jika mengisi bensin di pagi hari lebih baik dari pada siang hari. Pernyataan ini bukan hanya mitos belaka, tapi bisa dibuktikan dengan pengetahuan. 

Bahan bakar minyak (BBM) punya sifat mengembang saat temperatur yang hangat/panas, dan akan semakin padat/kental saat temperatur bersuhu dingin.

Hal tersebut dialami semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) yang memiliki tangki penyimpanan di bawah tanah. Jadi jika Anda membeli BBM pada siang hari, volume yang diterima akan sedikit jika dibandingkan mengisi di pagi hari.

Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik, temperatur bensin, diesel, bahan bakar pesawat jet, ethanol serta produk minyak lainnya punya peranan penting dan pertimbangan tersendiri.

Sehingga perubahan satu derajat celsius saja akan sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi pada kenyataannya SPBU tidak memberikan kompensasi atau sekedar memberikan wawasan kepada masyarakat tentang sifat minyak yang berpengaruh terhadap temperatur.

"Bahan bakar itu punya sifat yang sangat sensitif pada temperatur cuaca. Memang bisa membuat kadarnya jadi terpengaruh, termasuk di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). Tapi selama dalam kondisi yang bisa ditoleransi, ya tidak ada masalah," jelas Presiden Direktur TUV Rheinland Indonesia, Muhammad Bascharul Asana, lembaga lisensi independen yang juga ikut menguji kadar BBM di beberapa SPBU milik Pertamina, di Jakarta, beberapa waktu lalu.


(UDA)