Tips Knowledge

Washer & Wiper Normal, 'Siap Tempur' di Musim Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 18 Oct 2017 14:47 WIB
tips knowledge
Washer & Wiper Normal, 'Siap Tempur' di Musim Hujan
Dinamo pompa washer wiper. Wikihow

Metrotvnews.com, Jakarta: Menghadapi musim hujan sudah selayaknya pemilik mobil lebih memperhatikan kondisi tunggangan yang berkaitan dengan visibilitas berkendara di musim hujan. Tujuannya tidak lain agar siap berkendara dalam guyuran hujan. Bahkan untuk detail kecil seperti wiper dan washer pun akan sangat penting perannya.

Peran wiper dan washer di mobil Anda, meski terkesan remeh karena tidak berhubungan dengan mesin, tapi kalau musim penghujan tiba, bakal merepotkan jika tak berfungsi secara normal. Komponen ini berfungsi memperjelas pandangan saat Anda berkendara.

Menurut Rangga pemilik salah satu bengkel di Kota Serang, Banten, wiper punya umur pakai enam bulan, dan harus diganti secara berkala agar tidak bikin baret kaca akibat karet yang sudah mengeras.

Namun, yang sering diabaikan oleh pemilik mobil adalah pompa washer wiper atau semprotan air wiper. Komponen ini berguna untuk menyemprotkan air pada kaca depan agar membantu membersihkan kotoran pada kaca mobil. Supaya semprotan air wiper bekerja optimal, perhatikan bagian penampungan air dan alat penyemprotnya.

Yudi pemilik bengkel dan aksesoris mobil di bilangan Bekasi Barat, Jawa Barat, membeberkan, untuk mengecek apakan pompa washer masih bekerja dengan baik, caranya mudah. Yaitu dengan menyalakan penyemprot air melalui tuas yang berada di dalam kabin.

Apabila motor atau dinamo masih mengeluarkan bunyi, itu artinya pompa washer masih berfungsi. Namun, jika penyemprot air belum keluar, maka kemungkinan saluran air di corong bagian luar yang berada di kap mobil tersumbat oleh kotoran. Caranya cukup bersihkan sumbatan menggunakan peniti.

"Kalau dinamo atau motor pompa washer rusak, maka harus diganti yang baru. Kerusakan bisanya karena usia pakai, atau dinamo terkena air saat mencuci mobil sehingga bikin korslet. Harganya bervariasi untuk berbagai jenis merek mobil, yang paling murah Rp200 ribu-Rp500 ribu," kata Yudi, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.


(UDA)