Tips Mobil

Pintu Geser juga Butuh Perawatan

Ekawan Raharja    •    Kamis, 05 Oct 2017 16:34 WIB
tips mobil
Pintu Geser juga Butuh Perawatan
Toyota Sienta juga menggunakan model pintu geser dan wajib merawatnya dengan baik. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa mobil di Indonesia seperti Hyundai H-1, Toyota Sienta, atau Honda Freed mengadopsi pintu geser. Selain desainnya yang berbeda, pintu model geser memberikan ruang yang lebih besar untuk penumpang di belakang keluar atau masuk mobil.

Mengingat sistem pintu yang berbeda, tentu ada perawatan tertentu yang harus dilakukan agar tetap bisa bekerja secara optimal. Berikut empat cara merawat pintu geser seperti dilansir dari laman resmi Hyundai.

1. Perhatikan Kondisi Rel dan Bearing

Jika pintu sering digunakan, perhatikan kondisi rel dan bearing pintu geser. jika pintu sering macet pemberian gemuk mutlak diperlukan.

Namun perlu diingat jangan terlalu banyak memberikan gemuk. Efeknya dapat membuat semakin kotor karena debu dan kotoran mudah hinggap, dan pintu menjadi macet.

2. Periksa Kondisi Karet-Karet Secara Rutin
Kondisi karet pintu juga mempengaruhi kondisi rel dan bearing-nya. Terlebih faktor cuaca dalam jangka waktu panjang, dapat membuat kondisi karet getas dan sobek.

Karet pintu geser juga berfungsi untuk mencegah agar air atau hawa panas masuk ke dalam rel atau bearing pintu. Jika karet pintu mengalami sobek, maka kotoran jadi lebih mudah masuk dan mengganggu mekanisme pintu geser.

3. Jangan Biarkan Pintu Terbuka Lama
Hindari membuka pintu dalam waktu lama. Hal ini bisa membuat karet terbuka lebar karena pergerakkan rel, sehingga debu rawan hinggap di mekanisme pintu geser.

Jika kotoran dan debu hinggap, tak hanya sulit dibersihkan, beban kerja pintu geser juga bertambah.

4. Hindari Mencuci Mobil dengan Air Bertekanan Tinggi
Sebaiknya berhati-hati saat mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi, khususnya daerah seputar pintu geser. Dikhawatirkan air yang deras dapat menyusup ke rel pintu.

Akibatnya pelumas di pintu dapat hilang. Hindari penyemprotan langsung ke arah mekanisme pintu geser.


(UDA)