Tips Knowledge

Perhatikan Cara Isi Air agar Aki Awet

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 29 Oct 2017 16:54 WIB
tips knowledge
Perhatikan Cara Isi Air agar Aki Awet
Mengisi air aki sebaiknya saat mesin tidak panas atau di pagi hari. Wikihow

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika di hari kerja Anda tidak sempat memeriksa kondisi air aki, ada baiknya jika di libur akhir pekan atau weekend Anda menyempatkan untuk mengecek kondisi air aki sebelum bepergian. Tujuannya untuk menjaga aki dalam kondisi yang selalu prima.

Mengingat komponen ini punya peran vital yang berfungsi sebagai sebagai pemasok arus listrik di mobil. Aki juga perlu diperhatikan dan mendapat perawatan rutin, biar berumur panjang.

Selain sistem kelistrikan di mobil terganggu, gejala aki yang sudah tidak optimal atau bermasalah adalah sinar lampu depan yang menjadi tidak terang. Yang terburuk, mobil tidak bisa dinyalakan karena mesin tidak kuat di-starter.

Untuk menjaga aki berumur panjang ada beberapa cara. Menurut Toha, pastikan terlebih dulu bahwa semua kelistrikan yang disuplai aki, seperti lampu, power window, alarm, klakson dan yang lainya, tidak bermasalah.

Jika tidak ada kebocoran yang berkaitan dengan kelistrikan, tinggal lakukan perawatan rutin, seperti cek air aki. Jika kurang tambahkan sesuai ukuran, kemudian cek terminal aki jangan sampai kendur. Jika timbul korosi di kepala aki cukup bersihkan dengan air panas, dan gosok pakai sikat gigi biar kotorannya hilang.

"Mengisi air aki sebaiknya saat mesin dingin atau tidak panas, tapi akan lebih baik lagi kalau mengisinya di pagi hari. Setelah itu baru diisikan air akinya. Itu dilakukan agar aki lebih awet,” tambah Toha, mekanik yang praktek di bengkel Pit Stop di bilangan Jakarta Timur.

Toha menyarankan, jangan memasang atau menggunakan perangkat mobil yang berkaitan dengan suplai listrik dengan daya tinggi atau berlebihan, seperti memasang sound system dengan ekstrem akan berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan aki atau bisa bikin tekor. Gunakan suplai listrik sesuai kapasitas dan kebutuhan, agar lebih awet dan tahan lama.


(UDA)