Kenali Gejala Kampas Rem Sepeda Motor Mulai Tipis

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 23 Aug 2016 12:48 WIB
tips motor
Kenali Gejala Kampas Rem Sepeda Motor Mulai Tipis
Lakukan pengecekan kampas rem sepeda motor berkala. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak pemotor yang kurang peduli pada komponen kendaraan mereka yang cukup sepele seperti rem. Padahal saat berkendara menggunakan sepeda motor dengan kondisi rem yang mengeluarkan bunyi berdecit, itu adalah pertanda paling gampang yang dikenali. Jika ini sudah terjadi, sudah saatnya Anda harus mengecek sistem pengereman.

Mungkin sebagian bikers tidak mengetahui kapan dan saat yang tepat untuk mengganti kampas rem tunggangannya. Jangan salahkan kampas rem yang jelek jika piringan cakram atau teromol motor Anda tergores.

Untuk mencegah hal tersebut, Hendra mekanik yang praktek di bengkel motor Aren Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, berbagi tips dan pengalamannya mengenali gejali kampas rem yang mulai tipis bahkan habis.

Kata Hendra, kampas rem yang sudah tipis/habis akan membuat posisi tuas atau pedal rem semakin dalam saat ditekan, dan sepeda motor sedikit nyelonong jika tidak kuat menekannya. Untuk rem cakram, kampas yang habis bisa dikenali dari ketebalannya yang mendekati angka 2 mm. Dan bisa dilihat melalui lubang atau nut.

Selanjutnya periksa tempat penampungan minyak rem, jika posisinya berada di bawah batara terendah maka dapat dipastikan kampas rem mulai tipis. Sementara indikasi kampas rem habis di bagian teromol, bisa dilihat dari tanda panah yang berada di dekat batang pengukit pada panel rem.

"Tidak ada salahnya melakukan pengecekan motor secara bekala, ini untuk mencegah kerusakan yang lebih parah seperti tergoresnya piringan cakram atau teromol. Selain itu berkendara juga lebih yakin dan aman," tutupnya.


(UDA)