Tips Knowledge

Waspada Koneksi Gawai ke Sistem Hiburan di Mobil Sewaan

Ekawan Raharja    •    Minggu, 10 Dec 2017 18:28 WIB
tips knowledge
Waspada Koneksi Gawai ke Sistem Hiburan di Mobil Sewaan
Banyak pengguna mobil rental yang tidak sadar merekam data pribadi mereka ke sistem hiburan mobil. Carscoops

Jakarta: Sekarang ini sudah banyak mobil-mobil yang memiliki fitur koneksi antara gawai dan sistem hiburan. Tetapi pemilik gawai harus berhati-hati ketika menyambungkan gawainya ke sistem hiburan di mobil, khususnya mobil-mobil sewaan.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Privacy International, data yang di bagiakan ke mobil termasuk lokasi dan isi di gawai. Hal ini termasuk alamat rumah. Lebih parahnya data tersebut tersimpan di sistem hiburan mobil, tanpa ada orang yang menghapusnya.

"Terdapat 5 sampai 10 data yang teridetifikasi dari gawai yang berbeda. Saat anda terkoneksi melalui bluetooth, data tersebut akan tercatat," ujar Solicitor and Legal Officer Privacy International, Millie Graham Wood, seperti dikutip dari Carscoops.

Dia menjelaskan kalau data tersebut juga merekam sistem navigasi, data ini merekam lokasi-lokasi yang dikunjungi. Sedangkan data di navigasi bisa cocokan dengan nama yang tertera melalui data dari gawai yang terekam.

Sudah jelas ini sangat berbahaya bagi pemilik data karena data tesebut bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga jelas ini dapat merugikan pemilik data.

Privacy International juga memberikan saran kepada perusahaan rental untuk memeriksa setiap mobil yang selesai di sewa dan menghapus data tersebut. Mereka juga memberikan saran kepada setiap konsumen untuk menghapus data usai menyewa mobil demi keamanan dan keselamatan.


(UDA)