Tips Mudik Aman

Cek Kondisi Motor Agar Laik Jalan saat Mudik (Bag. 1)

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 05 Jun 2017 07:26 WIB
tips mudik
Cek Kondisi Motor Agar Laik Jalan saat Mudik (Bag. 1)
Perhatikan kondisi sepeda motor dan barang bawaan saat mudik. Dok. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun-tahun sebelumnya, kendaraan roda dua alias sepeda motor diperkirakan masih banyak dipilih sebagai alternatif transportasi bagi para pemudik. Sayangnya, tidak sedikit pemudik sepeda motor yang mengabaikan keselamatan berkendara, termasuk kesiapan kondisi tunggangannya.

Parahnya lagi, banyak yang tidak perduli terhadap persyaratan dan laik jalan motor yang bakal dipakainya. Tentu ini penting, agar pemudik tidak mengalami mogok pada kondisi macet atau pun di jalan yang jauh dari akses bengkel. Oleh karenanya, sebelum melakukan mudik, baik perorangan atau pun rombongan, wajib mengetahui syarat dan laik jalan tunggangan masing-masing.

Syarat Teknis
Pada bagian ini, ada beberapa faktor penting untuk dilakukan pengecekan umum. Yaitu  pengecekan senteran lampu, klakson, spakbor atau fender, pengereman, roda, knalpot, suspensi, plat nomor, kemudi, spidometer dan kaca spion. Semua komponen tersebut adalah wajib tersedia pada motor.

Pada bagian lampu, pengecekan keseluruhan harus dilakukan. Diantaranya lampu jauh, lampu dekat, lampu sein, lampu senja, lampu belakang, lampu stop, lampu untuk plat belakang dan reflektor belakang. Lampu-lampu adalah syarat mutlak untuk melakukan perjalanan jauh, apalagi jika mudik dilakukan pada malam hari.

Kemudian penggunaan klakson juga tidak boleh berlebihan. Lantaran ada juga beberapa pemotor yang sengaja menggunakan klakson dengan desibel yang cukup besar. Sehingga membuat pengendara lainnya bisa kaget. Baiknya memang menggunakan klakson standar untuk motor agar juga bisa berempati dengan pemotor lain di jalan raya.

Bagian yang juga harus diperhatikan adalah spakbor atau fender. Lantaran peranti ini berfungsi sebagai pelindung dari debu atau lumpur yang terlempar dari alur ban. Kemudian bagian pengereman yang juga berhubungan langsung dengan lampu belakang. Sinkronisasi perlu diperhatikan, jangan sampai lampu belakang belum menyala ketika tuas rem sudah ditekan.

Yang juga wajib dipehatikan adalah bagian roda, termasuk velg dan as dan karet as. Lalu melakukan pengecekan pada fungsi knalpot dan suspensi. Jika salah satunya tidak lagi optimal, lakukan perawatan ringan. Kemudian fungsi panel-panel spidometer juga harus normal.

Terakhir, lakukan pengecekan pada kaca spion. Pastikan dudukannya kokoh, agar kaca spion tidak berubah posisi ketika diterpa angin dari depan.


(UDA)