Tips Safety Riding

Inspeksi Pra-Perjalanan, Wajib untuk Jaga Keselamatan

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 23 May 2017 11:05 WIB
safety riding
Inspeksi Pra-Perjalanan, Wajib untuk Jaga Keselamatan
Inspeksi sepeda motor sebelum berkendara bagian dari safety riding. CBC

Metrotvnews.com, Jakarta: Meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya, tidak semata keterampilan dan pengalaman atau yang dikenal dengan istilah safety riding. Namun ada hal penting lainnya, yaitu mengetahui kondisi sepeda motor. Diantaranya dengan melakukan pengecekan atau inspeksi sebelum melakukan perjalanan

Menurut Instruktur Senior Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), Adrianto Wiyono, melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin dan setiap saat sebelum dipergunakan, termasuk bagian dari safety riding.

“Untuk pengecekan sepeda motor sebelum digunakan, dapat dilakukan dengan istilah T-CLOCK inspection”, jelas Adriato, kepada Metrotvnews,com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

T adalah pengeceken pada bagian tires and wheels (ban dan pelek). Perhatikan kondisi ban, apakah ada benda asing seperti batu, paku atau besi. Kemudian periksa pelek serta lingkaran roda secara keseluruhan, pastikan dalam keadaan baik.

C adalah Controls, untuk pengecekan bagian tuas seperti, tuas rem, kopling dan pemindah gigi perseneling. Pastikan bekerja dengan normal, tidak retak, bengkok atau patah.

L kepanjangan dari Light and electrical, lakukan pengecekan pada bagian aki, lampu dekat, jauh, penunjuk arah dan kabel-kabel.

O untuk pengecekan oli dan fluid, pastikan oli dan minyak terisi sesuai petunjuk dan ukuran, termasuk pengecekan selang terutama dari kebocoran.

C untuk melakukan pengecekan bagian Chassis, periksa apakah ada retak atau penyok, serta periksa kondisi shock absorber termasuk kekencangan rantai.

Terakhir, K adalah untuk pengecekan Kickstand (penyangga), pastikan kondisinya dalam keadaan baik, tidak bengkok, retak dan pegas masih berfungsi.

Selamat mencoba...


(UDA)